Pengembangan soal hots matematika berbasis kearifan lokal bondowoso untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Kelas XII / Ermira Turisanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal hots matematika berbasis kearifan lokal bondowoso untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Kelas XII / Ermira Turisanti

Turisanti, Ermira (2022) Pengembangan soal hots matematika berbasis kearifan lokal bondowoso untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Kelas XII / Ermira Turisanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Revolusi industri pada abad XXI mendorong adanya perkembangan dan perubahan diberbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Pembelajaran memasuki abad XXI terlebih di era revolusi industri 4.0 menuntut siswa untuk memiliki empat kompetensi yaitu literasi pendidikan karakter 4C dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun faktanya berdasarkan hasil observasi kompetensi yang menjadi tuntutan pembelajaran abad XXI belum sepenuhnya terlaksana secara optimal terutama untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Guru jarang sekali memberikan soal HOTS terutama dalam bidang matematika pada siswa dikarenakan guru kesulitan dalam membuat soal HOTS dan ketersediaan soal HOTS yang sedikit di buku paket pegangan siswa. Selain itu soal HOTS yang disajikan pada siswa masih mengangkat permasalahan yang umum bukan permasalahan dari isu global dan lingkungan sekitar siswa (budaya adat dan keunggulan daerah). Karena hal tersebut penelitian ini bertujuan mengembangkan soal HOTS matematika yang berbasis kearifan lokal untuk membantu ketersedian referensi soal HOTS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R amp D dengan model formative evaluation dari Tessmer yang terdiri tiga tahap yakni preliminary self evaluation dan prototyping. Hasil dari penelitian diperolehnya 5 soal HOTS matematika berbasis kearifan lokal dengan nilai validitas materi 0 883 validitas budaya 0 944 kepraktisan guru dan siswa 90% keefektifan menurut ahli 93%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 11 Jan 2023 08:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258849

Actions (login required)

View Item View Item