Nansiana, Millenia Nadhea (2022) Analisis efikasi diri siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif / Millenia Nadhea Nansiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Rendahnya kemampuan matematika siswa tidak terlepas dari proses pembelajaran. Rancangan pembelajaran yang tidak memperhatikan karakteristik siswa salah satunya adalah gaya kognitif berpengaruh pada penguasaan materi siswa. Penguasaan materi yang baik berdampak pada efikasi diri dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efikasi diri siswa jika ditinjau dari gaya kognitif dalam pemecahan soal non ndash rutin aljabar dan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Subjek penelitian ini adalah 8 siswa dari kelas VII A SMPN 3 Ngawi terdiri atas 4 siswa Field Independent (FI) dan 4 siswa Field Dependent (FD) yang kemudian dilakukan pengelompokan efikasi diri dan terbentuk kategori siswa FI efikasi diri tinggi FI efikasi rendah FD dengan efikasi tinggi serta FD efikasi rendah. Data dari penelitian ini berupa hasil wawancara sebelum dan sesudah tes hasil tes pemecahan masalah dan hasil angket. Dari hasil analisis data menggambarkan bahwa siswa dengan kategori efikasi diri tinggi antara kelompok field independent dan field dependent tidak ada perbedaan dari segi karakteristik pada dimensi efikasi diri mapun dari hasil tes pemecahan masalah sedangkan dalam kategori efikasi diri rendah antara kelompok field dependent dan field independent terlihat ada perbedaan yang muncul dari segi karakteristik pada dimensi efikasi diri maupun dari hasil tes pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 08:16 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/258843 |
Actions (login required)
View Item |