Disposisi berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal numerasi / Ariza Husniyatul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Disposisi berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal numerasi / Ariza Husniyatul Ummah

Ummah, Ariza Husniyatul (2022) Disposisi berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal numerasi / Ariza Husniyatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal numerasi. Indikator berpikir kritis antara lain rasa ingin tahu berpikir terbuka sistematis analitis mencari kebenaran dan percaya diri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas IX salah satu SMP di Kabupaten Kediri. Penelitian diawali dengan kegiatan siswa mengerjakan empat soal numerasi yang telah disusun dan divalidasi. Dilanjutkan dengan pengisian angket siswa dengan tujuan memperoleh respon sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil pengerjaan kemudian diberi skor sesuai dengan rubrik yang telah disusun. Subjek kemudian direduksi menjadi tiga kategori yaitu tinggi sedang dan rendah sesuai dengan nilai yang didapatkan. Perwakilan masing-masing kategori kemudian melakukan wawancara dengan peneliti. Tahap selanjutnya adalah triangulasi metode yang menunjukkan hubungan antara data yang dikumpulkan dengan soal numerasi angket dan wawancara. Dengan penggunaan triangulasi metode agar diperoleh suatu keabsahan data dan mengurangi bias dalam penelitian. Dilanjutkan dengan penyajian data dalam bentuk naratif dan penarikan kesimpulan. Berikut hasil penelitian ditemukan siswa dengan kategori tinggi memiliki indikator berpikir kritis yaitu rasa ingin tahu berpikir terbuka sistematis analitis mencari kebenaran dan percaya diri. Siswa dengan kategori sedang memiliki indikator berpikir kritis yaitu rasa ingin tahu berpikir terbuka sistematis dan analitis. Sedangkan siswa dengan kategori rendah memiliki indikator berpikir kritis yaitu rasa ingin tahu dan berpikir terbuka. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari tiga siswa semua memiliki indikator disposisi berpikir kritis dengan kadar yang beda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258838

Actions (login required)

View Item View Item