Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan construct 3 pada materi bentuk aljabar Kelas VII SMP / Ummy Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan construct 3 pada materi bentuk aljabar Kelas VII SMP / Ummy Latifah

Latifah, Ummy (2022) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan construct 3 pada materi bentuk aljabar Kelas VII SMP / Ummy Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan Construct 3 pada materi bentuk aljabar yang valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring maupun luring. Subjek penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas VII SMPN 1 Barat Kabupaten Magetan. Instrumen penelitian meliputi lembar pedoman wawancara lembar validasi ahli dan angket respon pengguna. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi wawancara dan angket. Analisis data penelitian meliputi analisis hasil validasi media lembar kepraktisan dan hasil wawancara. Dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran matematika materi bentuk aljabar berupa aplikasi yang dapat di-instal/digunakan pada smartphone android dengan minimal sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Hasil validasi media menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dari segi materi dan segi media dengan skor kevalidan materi sebesar 4 28 dan skor kevalidan media sebesar 4 26. Produk juga dinyatakan praktis dengan kriteria keterlaksanaan tinggi berdasarkan hasil pengisian angket respon pengguna yang dilakukan oleh siswa dan guru. Skor kepraktisan yang didapat berdasarkan hasil pengisian angket respon siswa dalam pembelajaran daring sebesar 4 13 dan dalam pembelajaran luring sebesar 4 17. Sementara skor kepraktisan yang didapat berdasarkan hasil pengisian angket respon guru dalam pembelajaran daring sebesar 4 00 dan dalam pembelajaran luring sebesar 4 00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 00:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258834

Actions (login required)

View Item View Item