Hambatan berpikir siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel serta pemberian scaffoldingnya / Dela Amelia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hambatan berpikir siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel serta pemberian scaffoldingnya / Dela Amelia Putri

Putri, Dela Amelia (2021) Hambatan berpikir siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel serta pemberian scaffoldingnya / Dela Amelia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SPLDV merupakan salah satu materi aljabar yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Soal-soal yang biasanya berkaitan dengan materi ini adalah aritmatika sosial hal ini dapat diasumsikan bahwa banyak siswa yang mengalami kendala dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel yang disajikan dalam bentuk cerita masalah yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Bentuk kesalahan dan hambatan yang dilakukan siswa saat memecahkan persoalan SPLDV berupa kesalahan dalam menyusun persamaan kesalahan dalam pemisalan hambatan dalam perhitungan hambatan dalam membuat permisalan dan menuliskan persamaan menggunakan variabel. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji tentang hambatan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan berpikir siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan langkah Polya dan deskripsi scaffolding yang tepat untuk mengatasi hambatan berpikir siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen tes penyelesaian masalah sistem persamaan linear dua variabel serta pedoman scaffolding. Subjek penelitian ini dipilih dari siswa kelas VIII D SMP Laboratorium UM yang telah mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 30 siswa. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa yaitu siswa dengan kemampuan tinggi sedang dan rendah. Berdasarkan hasil tes dipilih 3 subjek dari 30 siswa di kelas VIII D untuk setiap kategori yang dipilih dengan cara mengkaji hambatan berpikir yang dialami oleh siswa melalui data hasil pengerjaannya berdasarkan langkah Polya yaitu memahami masalah menyusun rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Untuk mengatasi hambatan yang yang dialami oleh siswa maka diberikan scaffolding yang dikemukakan oleh Julia Anghileri yaitu (1) environmental provisions (2) explaining (3) reviewing (4) restructuring dan (5) developing conceptual thinking. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam memecahkan masalah siswa dengan kemampuan tinggi mengalami hambatan berpikir pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali yang dikarenakan kurangnya pengetahuan awal kurangnya kemampuan analogi dan kurangnya kemampuan koneksi siswa. Hambatan berpikir siswa dengan kemampuan sedang dan rendah terjadi pada tahap memahami masalah yang berlanjut pada tahap menyusun rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali yang dikarenakan kurangnya pengetahuan awal kurangnya kemampuan analogi siswa dan kurangnya kemampuan koneksi siswa. Scaffolding yang diberikan pada siswa berkemampuan tinggi pada tingkatan reviewing restructuring dan developing conceptual thinking sementara scaffolding yang diberikan pada siswa berkemampuan sedang dan rendah pada tingkatan explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258830

Actions (login required)

View Item View Item