Bachriani, Ellsa Natassa (2021) Komunikasi matematis tulis siswa smp dalam menyelesaikan masalah realistik ditinjau dari self efficacy / ELLSA NATASSA BACHRIANI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini didasarkan pada temuan dilapangan yang menunjukkan bahwa masih sering ditemukan siswa menyelesaikan masalah matematika dengan tidak sistematis penulisan simbol matematika yang salah dan melukiskan diagram atau tabel secara tidak lengkap. Oleh karena itu komunikasi matematis tulis siswa merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Komunikasi matematis tulis siswa selain bisa untuk menjelaskan gagasan dan mengukur pemahaman matematika juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan komunikasi matematis lisan. Kelebihan dari kemampuan komunikasi matematis tulis antara lain 1) siswa bisa memberikan bukti nyata yang bisa dipertanggungjawabkan atas ide yang disampaikan melalui komunikasi matematis tulis 2) komunikasi matematis yang dituliskan siswa menjadi lebih stabil karena cenderung menggunakan langkah-langkah yang berurutan dan 3) melalui komunikasi matematis tulis ini guru bisa melihat apakah siswa bisa menggunakan bahasa dan simbol matematika yang benar atau tidak. Kenyataan dilapangan menunjukkan hasil bahwa masih banyak siswa yang menyelesaikan masalah matematika secara tidak tersruktur atau tidak sistematis menggunakan simbol dan notasi matematika yang tidak tepat serta melukiskan grafik atau diagram yang tidak sesuai dengan informasi pada soal. Fokus penelitian untuk mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah realistik ditinjau dari self-efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahapan mengidentifikasikan dan mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah realistik yang ditinjau dari self-efficacy siswa dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket self-efficacy dan tes tertulis masalah realistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Khadijah Malang yang memiliki komunikasi matematis dan memenuhi kategori self-efficacy tinggi sedang atau rendah. Analisis data menempuh prosedur (1) mengelompokkan siswa dalam tiga ketegori self-efficacy tinggi sedang atau rendah (2) memberikan tes tertulis masalah realistik kepada masing-masing siswa yang termasuk kategori self-efficacy tinggi sedang atau rendah dan (3) melihat mengoreksi serta menganalisis jawaban siswa yang disesuaikan dengan indikator komunikasi matematis tulis. Analisis isi dilakukan dengan cara (1) mengidentifikasi komunikasi matematis tulis dan self-efficacy siswa (2) menganalisis dan mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa dalam menyelesaikan masalah realistik yang ditinjau dari self-efficacy dan (3) menarik kesimpulan tentang komunikasi matematis tulis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah realistik ditinjau dari self-efficacy. Hasil penelitian memaparkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi mampu menerjemahkan masalah realistik dalam model matematika menggambar diagram batang dengan benar dan lengkap menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara sistematis logis jelas dan lengkap serta mampu menuliskan rumus simbol dan notasi matematika yang benar. Sedangkan siswa dengan self-efficacy sedang memiliki komunikasi matematis tulis yang cenderung memenuhi sebagian besar indikator komunikasi matematis tulis namun terdapat sebagian kecil indikator komunikasi matematis tulis yang kurang terpenuhi. Hal ini ditunjukkan dari hasil siswa menyelesaikan masalah realistik. Siswa mampu menerjemahkan masalah realistik dalam model matematika dan menggambar digaram batang dengan baik. Namun siswa menuliskan langkah-langkah yang kurang sistematis dan kurang lengkap. Siswa cenderung kurang melengkapi penjelasan atau keterangan yang mendukung jawaban siswa. Selain itu siswa dengan self-efficacy rendah memiliki komunikasi matematis tulis yang cenderung tidak memenuhi sebagian besar indikator komunikasi matematis tulis. Hal ini dikarenakan siswa kurang memiliki persepsi diri untuk mampu menyelesaikan masalah matematika. Alhasil siswa menyelesaikan masalah realistik secara kurang maksimal. Perhitungan yang dilakukan juga menghasilkan jawaban yang salah. Hasil analisis siswa dari ketiga kategori tersebut didukung oleh penelitian terdahulu yang relevan yang menunjukkan hasil siswa dengan self-efficacy tinggi memiliki komunikasi matematis tulis kategori tinggi atau memenuhi semua indikator komunikasi matematis tulis. Siswa dengan self-efficacy sedang memiliki komunikasi matematiis tulis kategori sedang namun menyelesaikan masalah matematika yang kurang sistematis. Siswa dengan self-efficacy rendah memiliki komunikasi matematis tulis kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/258827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |