Pengaruh lingkungan siswa ekstrakurikuler tari terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya materi tari di sma negeri 10 malang / Ahmad Razan Rizqi Dhafin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan siswa ekstrakurikuler tari terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya materi tari di sma negeri 10 malang / Ahmad Razan Rizqi Dhafin

Dhafin, Ahmad Razan Rizqi (2021) Pengaruh lingkungan siswa ekstrakurikuler tari terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya materi tari di sma negeri 10 malang / Ahmad Razan Rizqi Dhafin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dhafin A. Razan Rizqi. 2020. Pengaruh Lingkungan Siswa Ekstrakurikuler Tari Terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran Seni Budaya Materi Tari di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn. (II) Hartono S.Sn. M.Sn. Kata kunci lingkungan siswa hasil belajar seni tari Lingkungan belajar siswa merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar yang dicapai oleh siswa tersebut. SMA Negeri 10 Malang adalah salah satu sekolah yang dikenal memiliki keikutsertaan cukup tinggi dalam dunia kesenian di Kota Malang. Kegiat yang dilakukan salah satunya dalam bidang seni tari yang terkoodinir pada ekstrakurikuler tari dan dalam wadah PPST. Tidak semua siswa dalam ekstrakurikuler tari memiliki hasil belajar yang baik meskipun mereka berada dalam satu lingkungan yang sama. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengetahui pengaruh lingkungan siswa ekstrakurikuler tari terhadap hasil belajar pada mata pelajaran seni budaya khususnya materi tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan siswa ekstrakurukuler tari terhadap hasil belajar mata pelajaran seni budaya materi tari di SMA Negeri 10 Malang. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru pengajar sebagai acuan mempertahankan hasi belajar siswa. Kegiatan penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif perolehan data penelitian yang berbentuk angka akan dinarasikan ke dalam bentuk deskripsi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability dan menggunakan jenis sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan dua sumber data data utama atau data primer didapatkan langsung dari sampel yang ditetapkan data kedua atau data sekunder didapatkan dari hasil observasi di lapangan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian nilai R yang merupakan simbol dari koefisien korelasi sebesar (0 692). Sesuai dengan tabel interpretasi nilai R maka nilai tersebut masuk pada kategori cukup. Nilai atau koefisien determinasi (KD) yang menunjukan seberapa layak model regresi yang dibentuk oleh interaksi antar variabel adalah 0 479. Nilai tersebut dapat ditafsirkan bahwa variabel independen memiliki pengaruh kontribusi sebesar 0 479 terhadap variabel dependen. Dapat disimpulkan bahwa lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian dengan pembahasan serupa diharapkan dapat menambahkan solusi dari permasalahan yang ada di lapangan. Bagi guru pengajar terkait diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi untuk mempertahankan kualitas pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258813

Actions (login required)

View Item View Item