Afifah, Fathatin Nur (2022) Peningkatan motivasi dan hasil belajar ansambel musik dengan model project based leraning (PJBL) di Kelas VII H SMP Negeri 3 Singosari / Fathatin Nur Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah di lapangan masih belum optimal dan masih banyak siswa yang hasil akademiknya rendah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Singosari dengan model Project Based Learning (PjBL) pada KD 3.4 dan 4.4 dalam materi ansambel musik dengan mata pelajaran seni budaya. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklusnya memiliki tahapan yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket lembar unjuk kerja dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII H semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 36 orang dalam mata pelajaran seni budaya pada materi ansambel musik. Hasil penelitan (1) Observasi keterlaksanaan pembelajaran siklus 1 dangan nilai 75 (tinggi) dan meningkat pada siklus 2 menjadi 95 (sangat tinggi) (2) Motivasi belajar siklus 1 dengan skor rata-rata 3 16 (tinggi) telah meningkat pada siklus 2 menjadi 3 35 (sangat tinggi) (3) Hasil belajar siswa pada sikus 1 diperoleh rata-rata 77 09 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84 26. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar ada materi ansambel musik di kelas VII H SMP Negeri 3 Singosari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 07:39 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/258808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |