Kreasi motif batik dengan teknik printing khas Jombangan dari inspirasi topeng jatiduwur / Anisa Luh Sakinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kreasi motif batik dengan teknik printing khas Jombangan dari inspirasi topeng jatiduwur / Anisa Luh Sakinah

Sakinah, Anisa Luh (2022) Kreasi motif batik dengan teknik printing khas Jombangan dari inspirasi topeng jatiduwur / Anisa Luh Sakinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesenian Wayang Topeng Jatiduwur merupakan peninggalan Majapahit yang hidup dan berkembang ratusan tahun di desa Jatiduwur sebagai kesenian khas Jombang. Tetapi masih banyak dari masyarakat tidak mengetahui keberadaan Topeng Jatiduwur yang memiliki keunikan bentuk visual Topeng warna ornament pertunjukan dan nilai sejarahnya. Tujuan penciptaan ini adalah mendeskripsikan ide konsep motif batik inspirasi Topeng Jatiduwur Jombang mendeskripsikan proses kreatif motif kain batik dari tokoh Triloka dan upaya pelestarian Topeng Jatiduwur melalui motif batik. Metode yang digunakan adalah metode kreatif Ponimin terdiri dari beberapa tahap merumuskan kreasi ide motif batik inspirasi Topeng Jatiduwur Jombang eksplorasi ide konsep eksplorasi desain dan teknik proses kreatif mewujudkan motif batik hasil kreatif motif batik dan analisis hasil kreatif. Hasil kreatif penciptaan berupa enam kain motif batik dengan teknik digital printing diharapkan memberikan efektifitas proses produksi kain batik dan dapat digunakan sebagai bahan sandang dengan judul karya sebagai berikut Jadur Darana Jadur Prasasta Jadur Wahya Jadur Danurweda Jadur Jasayasa dan Jadur Lembahmana. Kreasi motif batik bertema Wayang Topeng Jatiduwur kreasi tersebut sebagai upaya pelestarian kesenian dan pemajuan kebudayaan daerah Jombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258746

Actions (login required)

View Item View Item