Perubahan bentuk dan fungsi batik pada "ma'ayu batik" terhadap pelestarian batik di Probolinggo / Ilham Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan bentuk dan fungsi batik pada "ma'ayu batik" terhadap pelestarian batik di Probolinggo / Ilham Kurniawan

Kurniawan, Ilham (2022) Perubahan bentuk dan fungsi batik pada "ma'ayu batik" terhadap pelestarian batik di Probolinggo / Ilham Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Batik merupakan warisan kebudayaan nenek moyang Indonesia dengan corak ragam hias yang dituangkan pada kain dengan menggunakan canting sehingga menghasilkan suatu motif yang mewakili identitas pemakainya. Probolinggo mempunyai motif khas pada batiknya. Terdapat empat motif yang populer yaitu motif manggur motif kali banger motif gunung bromo dan motif angin gending. Keempat motif tersebut mengalami perubahan dari segi bentuk dan fungsi. Hal tersebutlah yang melandasi penelitian ini dengan tujuan menganalisis perubahan dari sisi ornamen utama ornamen pendukung dan isen-isen sebagai pembentuk motif. Fungsi pada kain batik yang dihasilkan oleh Ma'Ayu Batik juga mengalami perubahan yaitu dari fungsi filosofis menjadi fungsi profan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui dari perubahan ornamen utama ornamen pendukung dan isen-isen pada motif kain batik yang dihasilkan oleh Ma'Ayu. Perubahan pada bentuk motif terjadi karena adanya faktor internal dan eksternal. Faktor internal sendiri yaitu Ma'Ayu memproduksi batik bertujuan untuk memenuhi permintaan pasar. Sedangkan pada faktor eksternal bentuk motif mengikuti keinginan dari pemesan batik. Perubahan fungsi kain batik dari fungsi filosofis yang digunakan sebagai penanda strata sosial atau cerminan kehidupan sehari-hari pemakainya berubah menjadi fungsi profan yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 12 Apr 2023 03:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258745

Actions (login required)

View Item View Item