Barong ket sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Riyo Sepdin Allanzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Barong ket sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Riyo Sepdin Allanzah

Allanzah, Riyo Sepdin (2020) Barong ket sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Riyo Sepdin Allanzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Barong Ket adalah Tari Barong Ket yang paling banyak terdapat di Bali dan paling sering dipentaskan. Dari wujudnya Barong Ket merupakan perpaduan bentuk antara singa macan sapi dan naga. Badan Barong Ket dihiasi dengan kulit berukiran rumit dan ratusan kaca cermin berukuran kecil. Tari Barong Ket sebagai hasil budaya Bali yang di dalamnya memuat nilai-nilai pendidikan hidup yang lengkap baik itu pendidikan moral serta kisah dilema-dilema yang semua menggambarkan dua sifat dimuka bumi. Sebagian besar dari pengertian Barong Bali menyebutkan perwujudan sebagai simbol kebaikan. Maka dari itu Tokoh dalam Tari Barong Ket menggambarkan sifat dan perilaku dari manusia itu sendiri antara kebaikan dan keburukan. Kata Barong pada kamus Bahasa Bali diartikan sebagai ldquo perwujudan binatang symbol kebaikan rdquo . Penulis menciptakan skripsi dengan mengangkat tema Barong Ket ini untuk menambah wawasan lebih dalam lagi tentang nilai-nilai positif yang terkandung didalam simbolisasi Barong Ket. Sebagai upaya mewujudkan karya seni tersebut maka dalam menciptakan karya seni lukis dibutuhkan suatu metode untuk menguraikan secara rinci. Tahapan yang akan dilakukan dalam proses kreatif. Metode penciptaan yang digunakan adalah teori hawkins sebab metode tersebut cocok digunakan pada proses penciptaan yang sistematis. Hasil dari penciptaan ini berwujud enam karya lukis yang mengangkat tema Barong Ket Bali. Enam karya seni lukis ini kemudian disajikan dalam bentuk pameran. Dikarenakan adanya protokol kesehatan selama masa pandemic ini maka pameran diadakan dengan cara virtual Video pameran diunggah pada hari Rabu tanggal 21 November 2020 di akun YouTube milik pencipta. Video ini sudah tayang sebanyak 398 kali dalam waktu satu minggu. Video tersebut mendapat tanggapan yang cukup positif dengan like sebanyak 58 orang dan dikomentari oleh 27 orang dengan tanggapan yang positif. Karya lukis yang mengangkat tema Barong Ket Bali ini menjadi media pembelajaran akan pendidikan moral yang dihasilkan dari tradisi ini sendiri bagi para masyarakat yang menghayati makna dan pesan-pesan yang diangkat pada setiap lukisan ini. Pencipta sendiri pun semakin memahami lebih dalam mengenai tradisi ini yang kerapkali masih terjadi kesalah pahaman dalam mengartikan simbol Barong Ket di sekitar lingkungan asal pencipta sendiri. Dengan ini pencipta harap karya-karya seni ini dapat menjadi angin segar baru pada masyarakat untuk perlahan-lahan melestarikan dan memahami tradisi yang baik ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258733

Actions (login required)

View Item View Item