Interpretasi konsep interior pada tiga ruangan museum house of sampoerna Surabaya berdasarkan visualisasi ruangan - Repositori Universitas Negeri Malang

Interpretasi konsep interior pada tiga ruangan museum house of sampoerna Surabaya berdasarkan visualisasi ruangan

Oktiara, Rania Erin (2021) Interpretasi konsep interior pada tiga ruangan museum house of sampoerna Surabaya berdasarkan visualisasi ruangan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Museum House of Sampoerna merupakan museum yang menunjukkan sejarah tentang pendirian dan perkembangan PT Sampoerna Tbk. melalui visualisasi interiornya berupa elemen pembentuk ruang barang koleksi aksesoris ruang serta gaya pada masing-masing ruangannya. Ruangan pada museum ini bersifat tematik yang berarti meskipun masih dalam satu ruang terdapat beberapa tema yang berbeda-beda. Adanya perbedaan penerapan visualisasi interior pada setiap ruangan itulah yang melandasi penelitian ini untuk menginterpretasi visualisasi interior tersebut sehingga dapat diketahui penerapan konsep yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasi konsep interior pada ketiga ruangan museum berdasarkan visualisasi ruangannya yaitu pada ruang 1 ruang 2 dan ruang 3. Ketiga ruangan tersebut dipilih karena tidak mengalami perubahan penataan interior secara signifikan sejak tahun 2018 sehingga memudahkan peneliti untuk mencari kelengkapan data berupa dokumen foto secara online selama pandemi virus Covid-19 serta selama penutupan museum untuk sementara waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena dianggap cocok untuk memaparkan data dan hasil interpretasi konsep Museum House of Sampoerna berupa uraian deskriptif tanpa menggunakan perhitungan angka. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi wawancara serta analisis dokumen. Adapun data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu visualisasi interior museum House of Sampoerna sedangkan data sekundernya adalah dokumen serta pihak lain yang bersangkutan dengan penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini dapat diketahui konsep interior yang diterapkan pada ruang 1 ruang 2 dan ruang 3. Ruang 1 memiliki konsep eklektik-heritage yang memadukan gaya vintage tiga negara serta konsep rustic. Ruang 2 juga memiliki konsep eklektik-heritage yang memadukan gaya vintage dan gaya modern minimalis. Konsep pada ruang 3 yaitu vintage-heritage karena hanya ditemukan satu gaya vintage pada ruangan tersebut. Persamaan adanya unsur heritage tersebut dikarenakan setiap barang koleksi memiliki nilai sejarah bersifat kuno dan terdapat warisan dari generasi sebelumnya kepada generasi penerus yang perlu dilestarikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 04:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258730

Actions (login required)

View Item View Item