Penggunaan google classroom sebagai platform pembelajaran bahasa Jerman secara daring untuk siswa Kelas XI SMAN 6 Malang / Syahniar Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan google classroom sebagai platform pembelajaran bahasa Jerman secara daring untuk siswa Kelas XI SMAN 6 Malang / Syahniar Ramadhani

Ramadhani, Syahniar (2021) Penggunaan google classroom sebagai platform pembelajaran bahasa Jerman secara daring untuk siswa Kelas XI SMAN 6 Malang / Syahniar Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramadhani Syahniar. 2021. Penggunaan Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Bahasa Jerman Secara Daring Untuk Siswa Kelas XI SMAN 6 Malang. Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dewi Kartika Ardiyani M. Pd. Kata Kunci Pembelajaran Daring google classroom bahasa Jerman Selama Pandemi pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan. Oleh kerana itu guru harus siap untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran daring dibutuhkan platform yang dapat menunjang proses pembelajaran. Google classroom merupakan platform dengan mode asinkronus yang dapat diakses kapan dan di mana saja. Saat ini Google Classroom banyak digunakan di berbagai institusi pendidikan sebagai platform pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan respons siswa terkait pembelajaran bahasa Jerman secara daring melalui platform google classroom di SMAN 6 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data 29 siswa kelas XI IPS1 SMAN 6 Malang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung dan wawancara setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform google classroom dengan memanfaatkan seluruh fitur secara maksimal dapat menciptakan susasana pembelajaran yang menarik. Siswa aktif selama pembelajaran berlangsung dan menunjukkan respons yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dan penggunaan platform google classroom. Hal ini diketahui dari partisipasi siswa dalam rangkaian pembelajaran yang diberikan. Meskipun demikian hasil wawancara menunjukkan bahwa beberapa siswa masih memerlukan bimbingan secara langsung dari guru terkait materi yang diajarkan pada platform tersebut. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa google classroom dapat menjadi alternatif platform yang dapat digunakan selama pembelajaran daring. Namun guru perlu memaksimalkan fitur fitur yang tersedia dengan mengintegrasikan berbagai media sesuai kebutuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258577

Actions (login required)

View Item View Item