Cahyani, Aisyah (2022) Arvo: aplikasi berbasis augmented reality untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab / Aisyah Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran dapat digunakan untuk merangsang penalaran ketertarikan emosi dan keahlian atau kemahiran peserta didik serta dapat mempercepat perkembangan proses belajar. Artikel ini memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian pengembangan adalah untuk mendeskripsikan (1) konsep pengembangan ArVo dan (2) pengaruh ArVo terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) di MAN Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengggunakan model pengembangan metode ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan media ini dapat digunakan secara offline. Penggunaannya mudah karena dilengkapi dengan petunjuk ikon dan animasi yang menarik. Peserta didik dapat menggunakannya secara mandiri tanpa kehadiran seorang guru. Berdasarkan hasil penilaian yang dijawab oleh 30 respnden menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Arab peserta didik kelas eksperimen menggumanakan media pembelajaran aplikasi ArVo dengan nilai rata-rata 90 sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional memperolej rata-rata 55. dengan hasil uji beda menunjukkan t hitung lt t tabel H0 ditolak menandakan adanya perbedaan sehingga aplikasi ArVo dapat memberikan pengaruh positif bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 01:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/258531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |