Pengaruh penerapan metode induktif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar nahwu di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Nurul Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode induktif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar nahwu di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Nurul Fitria

Fitria, Nurul (2022) Pengaruh penerapan metode induktif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar nahwu di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Nurul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang dalam Pelajaran Nahwu. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi belajar dan hasil belajar santri dalam mata pelajaran Nahwu setelah diterapkan metode Induktif serta pengaruh penerapan metode Induktif terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar santri dalam mata pelajaran Nahwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui secara langsung pengaruh penerapan metode Induktif terhadap pembelajaran Nahwu di kelas. Selain itu peneliti juga menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar santri meningkat dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata skor motivasi belajar dari 13 7 pada siklus I menjadi 14 5 pada siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas santri dari 69 9 sebelum dilakukan penelitian dengan metode induktif dan 76 2 pada saat pretes menjadi 93 5 (postes) hingga 97 7 pada evaluasi siklus II. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran Induktif terhadap peningkatan motivasi belajar santri yang tampak dari peningkatan skor motivasi belajar yang diteliti berdasarkan 4 indikator diantaranya kesadaran dan keinginan belajar semangat menjalankan tanggungjawab cita-cita dan harapan yang ingin dicapai serta reaksi terhadap stimulus yang diberikan guru maupun lingkungan belajar. Sedangkan dalam peningkatan hasil belajar pengaruh signifikan tampak dari meningkatnya hasil tes evaluasi santri mulai dari pretes postes dan evaluasi pembelajaran siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Induktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar santri Madin At-Tahdzibiyyah Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258530

Actions (login required)

View Item View Item