Tasybih dalam novel al-mahbubat karya alia mamduh dan penerapannya dalam pembelajaran balaghah / Durrotun Nafisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tasybih dalam novel al-mahbubat karya alia mamduh dan penerapannya dalam pembelajaran balaghah / Durrotun Nafisah

Nafisah, Durrotun (2021) Tasybih dalam novel al-mahbubat karya alia mamduh dan penerapannya dalam pembelajaran balaghah / Durrotun Nafisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nafisah Durrotun. 2021. Tasybih dalam Novel Al-Mahbubat Karya Alia Mamduh dan Penerapannya dalam pembelajaran Balaghah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Program S1 pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Dr. Hanik Mahliatussikah. M.Hum. Kata Kunci Novel Al-Mahbubat Tasybih Tujuan Tasybih Pembelajaran Balaghah Tasybih merupakan gaya bahasa yang terdapat dalam pembelajaran balaghah pada ilmu bayan. Tasybih dalam bahasa Indonesia disebut dengan majas simile. Objek dalam penelitian ini yaitu novel Al-Mahbubat yang ditulis oleh Alia Mamduh Alia Mamduh berasal dari Baghdad kebangsaan Irak isi novel Al-Mahbubat tentang keluarga sahabat dan cinta. Novel Al-Mahbubat karya Alia Mamduh merupakan sebuah karya sastra yang bisa dianalisis dengan kajian balaghah terkait pada tasybihnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) mendiskripsikan bentuk-bentuk redaksi kalimat tasybih dalam novel ldquo Al-mahbubat rdquo (2) mengetahui tujuan tasybih dalam novel ldquo Al-mahbubat rdquo (3)menghasilkan model aplikasi tasybih dalam pembelajaran Balaghah. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualititatif yang bertujuan untuk mengungkapkan fakta-fakta kalimat tasybih dalam novel Al-Mahbubat.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data interaktif yang terdiri atas empat tahapan yaitu mengumpulkan data reduksi data menyajikan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Al-Mahbubat terdapat tiga belas macam tasybih yaitu Tasybih Mursal Tasybih Muakkad Tasybih Mufashal Tasybih Mujmal Tasybih Tamsil Tasybih Ghoiru Tamsil Tasybih Maqlub Tasybih Mursal Mufashal Tasybih Mursal Mujmal Tasybih Baligh Tasybih Ghoiru Baligh Tasybih Mufrod dan Tasybih Taswiyah. Dari hasil analisis tersebut yang paling banyak ditemukan dalam novel Al-Mahbubat adalah Tasybih mursal. Tujuan tasybih terdapat empat macam dalam novel Al-Mahbubat yaitu Menjelaskan keadaan yang dialami oleh musyabbah Menerangkan jika adanya suatu hal yang terjadi pada musyabbah Memperjelas keadaan yang dialami oleh musyabbah dengan mengkaitkan contoh dan memperindah atau memperburuk musyabbah. Hasil analisis kalimat tasybih dalam novel Al-Mahbubat dapat dijadikan sebagai contoh pembelajaran balaghah dengan menggunakan teori Student Centered Learning di mana teori tersebut fokus terhadap keaktifan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada peneliti selanjutnya yang ngin melakukan penelitian serupa dengan objek yang berbeda hendaknya menentukan konsep penelitian yang akan dipakai dan bagi mahasiswa jurusan sastra Arab yaiitu kajian seperti ini perlu dilakukan sebagai salah satu upaya mengembangkan keilmuan di bidang sastra Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258528

Actions (login required)

View Item View Item