Studi kasus penguasaan kosakata bahasa arab melalui kosakata bergambar pada siswa kelas viii j MTS Negeri 1 Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus penguasaan kosakata bahasa arab melalui kosakata bergambar pada siswa kelas viii j MTS Negeri 1 Kota Malang

Nuzullah, Ainun (2021) Studi kasus penguasaan kosakata bahasa arab melalui kosakata bergambar pada siswa kelas viii j MTS Negeri 1 Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII J dirasa kurang menarik karena guru lebih sering membawakan materi dengan metode ceramah daripada menggunakan media pembelajaran. Guru pernah menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar namun tidak sering. Sehingga masih ada siswa yang susah dalam menangkap pelajaran terutama dalam hal menghafal kosakata bahasa Arab. Sedangkan pembelajaran yang disukai siswa adalah pembelajaran yang melibatkan unsur gambar dan warna khususnya dalam kegiatan menghafal suatu materi. Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dengan diterapkannya Kosakata Bergambar dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Arab bisa memudahkan pemahaman siswa dalam menguasai kosa kata bahasa Arab atau sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus yang mana hasil penelitian akan digambarkan secara deskriptif.. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII J MTs Negeri 1 Kota Malang dengan total jumlah keseluruhan siswa dikelas adalah 28 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pedoman wawancara dan kuesioner yang telah disusun secara terstruktur. Kuesioner yang digunakan merupakan jenis kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert dibuat melalui Google Form dan disebarkan secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penggunaan Kosakata Bergambar cukup kuat mempengaruhi siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab khususnya pada penguasaan kosakata. Hal ini dapat dijelaskan bahwa penggunaan kosakata bergambar dalam pembelajaran bahasa arab mayoritas dapat berpengaruh terhadap kemudahan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Arab. Setiap pernyataan yang ada di kuesioner memiliki persentase diatas 50% dan untuk keseluruhan persentase rata-rata dari jawaban kuesioner tersebut sekitar 79 8%. Jika dilihat dari tabel kriteria interpretasi skor persentase tersebut masuk ke dalam kategori ldquo Kuat rdquo . Berdasarkan hasil dari penelitian disarankan agar guru hendaknya bisa mempertimbangkan penggunaan kosakata bergambar dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2021 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 08:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258523

Actions (login required)

View Item View Item