Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kebijakan Rekrutmen Guru PPPK dan Kompensasi Finansial Terhadap Minat Menjadi Guru - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kebijakan Rekrutmen Guru PPPK dan Kompensasi Finansial Terhadap Minat Menjadi Guru

Maulidayanti, Dina (2022) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kebijakan Rekrutmen Guru PPPK dan Kompensasi Finansial Terhadap Minat Menjadi Guru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu kunci pelaksanaan pendidikan yang berkualitas yaitu dengan mencukupi kebutuhan guru yang profesional. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah menetapkan kebijakan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk menciptakan guru yang berkualitas dibutuhkan minat, sebab dengan meningkatkan minat calon guru akan menciptakan guru yang profesional. Minat seseorang terhadap profesi guru muncul sebagai akibat dari keinginannya sendiri untuk memperoleh profesi tersebut atau sebagai akibat dorongan dari orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang kebijakan rekrutmen guru PPPK dan kompensasi finansial terhadap minat menjadi guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksplanasi.Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan Universitas Negeri Malang sebanyak 359 mahasiswa.Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi mahasiswa tentang kebijakan rekrutmen guru PPPK dan kompensasi finansial terhadap minat menjadi guru. Dengan kata lain, ketika semakin baik pemahaman, penilaian, dan harapan mahasiswa tentang kebijakan rekrutmen guru PPPK dan kompensasi finansial, maka minat mahasiswa untuk menjadi guru akan meningkat. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode penelitian yang berbeda dan menambahkan faktor terkait yang dapat mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:14
Last Modified: 16 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item