Pengembangan buku panduan latihan oral untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa tunarungu Kelas V di SLB Widya Shantika / Meidinda Alunia Hafid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan latihan oral untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa tunarungu Kelas V di SLB Widya Shantika / Meidinda Alunia Hafid

Hafid, Meidinda Alunia (2022) Pengembangan buku panduan latihan oral untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa tunarungu Kelas V di SLB Widya Shantika / Meidinda Alunia Hafid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa tunarungu merupakan seseorang yang mengalami hambatan pendengaran sehingga memerlukan modifikasi dalam pembelajarannya. Dampak dari hilangnya pendengaran pada siswa tunarungu mengakibatkan kurangnya pengetahuan kosa kata yang dimiliki sehingga akan akan berakibat terhadap kurang berkembangnya keterampilan bahasa seperti keterampilan berbicara. Dalam meningkatkan keterampilan berbicara pendidik akan memberikan program khusus kepada siswa yaitu dengan terapi wicara untuk melatih oral. Namun pendidik akan menjumpai tantangan dalam melatih oral siswa tunarungu yaitu terbatasnya kemampuan mendengar siswa sehingga harus mengoptimalkan indera lain yang dimiliki sehingga pendidik bisa memaksimalkan petunjuk dan perintahnya secara visual. Belum tersedianya media bahan ajar cetak menjadi masalah dalam melaksanakan latihan oral di SLB Widya Shantika karena siswa kesulitan memahami perintah dan petunjuk secara lisan. Analisis terhadap problem dan ketersediaan sumber daya tersebut maka bisa dikembangkan sebuah bahan ajar berupa buku panduan untuk mendampingi siswa melaksanakan latihan oral. Peneltian ini menggunakan metode Reseach and Development karena hasil akhir dari penelitian ini merupakan suatu produk berupa Buku Panduan Latihan Oral untuk Siswa Tunarungu. Prosedur pengembangannya menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan desain produk awal (4) validasi produk awal (5) revisi produk awal (6) uji coba lapangan dan (7) revisi produk akhir. Hasil dari penelitian dan pengembangan menghasilkan bahwa buku panduan latihan oral disimpulkan efektif digunakan sebagai media pendamping bagi siswa tunarungu melaksanakan latihan oral dilihat dari data hasil uji coba produk yang mengalami kenaikan dari pre-test terhadap nilai post-testnya yang semula rata-ratanya 70 8 menjadi 100. Dari sisi pengembangannya buku panduan latihan oral mendapatkan skor 96 6% dari ahli media skor 97 5% dari ahli materi dan skor 95% dari ahli praktisi. Ketiga skor tersebut masuk dalam kriteria sangat layak dan dapat digunakan tanpa ada perbaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 03:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258343

Actions (login required)

View Item View Item