Penggunaan media stik es krim dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung pada Siswa Tunarunggu Kelas IV SLB-BC Dharma Wanita 03 Malang / Lia Liesdiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media stik es krim dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung pada Siswa Tunarunggu Kelas IV SLB-BC Dharma Wanita 03 Malang / Lia Liesdiawati

Liesdiawati, Lia (2022) Penggunaan media stik es krim dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung pada Siswa Tunarunggu Kelas IV SLB-BC Dharma Wanita 03 Malang / Lia Liesdiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Liesdiawati Lia 2022. Penggunaan Media Stik Es Krim Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Tunarunggu Kelas IV SLB-BC Dharma Wanita 03 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (II) Ediyanto S. Pd. Ph.D. Kata kunci Media stik es krim meningkatkan kemampuan berhitung tunarunggu Siswa tunarunggu merupakan siswa yang mengalalami gangguan pada pendengarannya sehingga tidak dapat mendengar bunyi dengan sempurna atau bahkan tidak dapat mendengar suara apapun sama sekali. Sehingga seringkali siswa tunarunggu mengalami hambatan dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika khususnya pada operasi hitung penjumlahan dan penggurangan. Media stik es krim adalah media yang membantu proses pembelajaran siswa dalam berhitung . Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan berhitung pada siswa tunarunggukelas IV sebelum diberikan pembelajaran media stik es krim (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa tunarunggu kelas IV pada saat diberikan media stik es krim (3) mendeskripsikan kemampuan meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunarunggu kelas IV setelah diberikan media stik es krim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen dengan menggunakan metode single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. subjek penelitianya ialah satu siswa tunarunggu kelas IV di SLB-BC Dharma Wanita 03 Malang. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis. Tes yang dilakukan adalah mengurutkan bilangan 1 sampai dengan 50 berhitung penjumlahan dan penggurangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan intervensi kemampuan berhitung siswa masih rendah dapat dilihat pada nilai baseline (A1) ialah 60 46 53 40. Pada saat pemberian media atau intervensi (B) kondisi kemampuan berhitung siswa mengalami peningkatan dapat dilihat pada nilai Intervensi (B) 78 80 85 86 93 96. Pada saat setelah diberikan media atau kondisi baseline-2 (A2) mengalami peningkatan. sehingga dapat disimpulkan bahwa media stik es krim berpengaruh positif terhadap meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunarunggu kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258341

Actions (login required)

View Item View Item