Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan toilet training siswa Tunagrahita di SLB c Autis Kedungkandang Malang / Wahyu Pratama Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan toilet training siswa Tunagrahita di SLB c Autis Kedungkandang Malang / Wahyu Pratama Ramadhan

Ramadhan, Wahyu Pratama (2021) Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan toilet training siswa Tunagrahita di SLB c Autis Kedungkandang Malang / Wahyu Pratama Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Toilet Training merupakan kegiatan untuk melatih anak agar mampu buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di toilet. Tujuan diajarkannya toilet training yaitu untuk menanamkan kebiasaan baik pada anak. Pembelajaran toilet training bagi tunagrahita memerlukan waktu yang cukup lama disebabkan oleh kemampuan intelektual yang rendah serta lemahnya kemampuan berfikir abstrak. Hasil studi pendahuluan di SLB C Autis Kedungkandang Malang diperoleh informasi bahwa siswa memiliki beberapa permasalahan dalam kegiatan toilet training siswa. Siswa lupa menutup pintu buang air kecil sambil berdiri celana yang terkena air seni dan lupa untuk menyiram sisa bekas kegiatan buang air. Hal itu menyebabkan toilet menjadi berbau pesing. Dalam kegiatan pembelajaran siswa terlihat kurang antusias mudah bosan dan perhatian sering kali teralihkan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif yang sesuai dengan kebutuhan siswa tunagrahita dalam meningkatkan kemampuan toilet training di SLB C Autis Kedungkandang Malang. Penggunaan dan pengadaan media saat kegiatan pembelajaran tentu akan memudahkan siswa memahami materi pelajaran. Media yang digunakan untuk mengajarkan pembelajaran bina diri salah satunya bisa menggunakan multimedia interaktif toilet training. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan. Dalam penelitian dan pengembangan ini peneliti mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah oleh Gooch. Langkah-langkah tersebut yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk (6) Uji coba lapangan (7) Revisi Produk hasil uji coba lapangan. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan ahli materi ahli media praktisi dan 3 orang siswa tunagrahita kelas 3 SLB C Autis Kedungkandang Malang. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu multimedia interaktif toilet training untuk meningkatkan kemampuan toilet training yang sudah divalidasi oleh ahli media ahli materi dan praktisi. Hasil validasi menunjukan multimedia interaktif toilet training telah layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan toilet training siswa tunagrahita di SLB C Autis Kedungkandang Malang dengan memperoleh skor rata-rata validasi yaitu 88 75%. Multimedia interaktif ini telah teruji mampu meningkatkan kemampuan toilet training siswa tunagrahita. Agar multimedia interaktif ini dapat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti merekomendasikan guru untuk menggunakan multimedia interaktif ini dalam kegiatan pembelajaran toilet training.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258340

Actions (login required)

View Item View Item