Permata, Indah (2022) Meningkatkan life skill menanam terrarium untuk peserta didik tunarungu kelas XI menggunakan metode pembelajaran explicit instruction di SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang / Indah Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran ketrampilan menanam terarium pada siswa tunarungu dapat memberikan peluang wirausaha dalam menciptakan produk yang kreatif dan meningkatkan pendapatan karena memerlukan teknik khusus dan seni. Metode pembelajaran explicit instruction sangat sesuai diterapkan pada peserta didik tunarungu ketika praktik menanam terrarium karena metode pembelajaran ini dilaksanakan selangkah demi selangkah sehingga kesulitan dalam kegiatan mananam dapat terselesaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan life skill menanam terrarium sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran explicit instruction pada peserta didik tunarungu kelas XI dan (2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran explicit instruction untuk meningkatkan life skill menanam terrarium bagi peserta didik tunarungu kelas XI. Penelitian dilaksanakan di SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang pada bulan Januari ndash Februari. Rancangan penelitian ini menggunakan Pretest Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik tunarungu kelas XI. Instrumen penelitian yang digunakan berupa hasil pretest dan hasil posttest peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data nonparametrik. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Wilcoxon The Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik tunarungu sebelum diberikan intervensi menggunakan metode explicit instruction tergolong rendah dan setelah diberikan intervensi menggunakan metode explicit instruction mengalami peningkatan. Hasil rata-rata pre test praktik menanam terrarium yang diperoleh peserta didik yaitu 40. Hasil rata-rata post test praktik menanam terrarium yang diperoleh peserta didik yaitu 99. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa metode explicit instruction berpengaruh dalam meningkatkan life skill menanam terrarium untuk peserta didik tunarungu kelas XI di SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/258337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |