Pengembangan video "Game Edukatif" untuk meningkatkan kemampuan menggunakan anggota gerak tubuh manusia pada anak Tunagrahita kelas 1 SLB Negeri Panggungsari Trenggalek / Yafi Khansa Laili Rahmarianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video "Game Edukatif" untuk meningkatkan kemampuan menggunakan anggota gerak tubuh manusia pada anak Tunagrahita kelas 1 SLB Negeri Panggungsari Trenggalek / Yafi Khansa Laili Rahmarianto

Rahmarianto, Yafi Khansa Laili (2021) Pengembangan video "Game Edukatif" untuk meningkatkan kemampuan menggunakan anggota gerak tubuh manusia pada anak Tunagrahita kelas 1 SLB Negeri Panggungsari Trenggalek / Yafi Khansa Laili Rahmarianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmarianto Yafi Khansa Laili. 2021. Pengembangan Video Game Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Fungsional Anggota Gerak tubuh Manusia Pada Anak Tunagrahita Kelas 1 SLB Negeri Panggungsari Trenggalek. Skripsi Jurusan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Dimas Arif Dewantoro M.Pd Kata Kunci Video Game Edukatif Kemampuan Mengenal Fungsional Anggota Gerak Tubuh Manusia Tunagrahita Tunagrahita adalah seseorang dengan hambatan intelektual yang rendah sehingga sulit untuk berfikir kompleks. Keterbatasan tersebut dapat menghambat anak tunagrahita dalam proses belajar. Ketika proses belajar berlangsung anak tunagrahita cenderung mudah beralih perhatiannya terhadap hal yang dianggapnya lebih menarik. Keterbatasannya dalam kemampuan intelektual menjadikan materi pembelajaran harus bersifat sederhana. Anak tunagrahita membutuhkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya. Mengenal fungsional anggota gerak tubuh manusia untuk anak tunagrahita sangat penting. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu guru dalam menyampaikan materi. Berdasarkan dengan itu maka pengembangan video game edukatif anggota gerak tubuh manusia sangat dibutuhkan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video game edukatif yang efektif dan untuk meningkatkan kemampuan mengenal fungsional anggota gerak tubuh manusia bagi anak tunagrahita kelas 1 SLB Negeri Panggungsari. Subjek validasi produk pada penelitian dan pengembangan ini terdiri dari ahli media ahli materi dan ahli pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg amp Gall dalam pengembangan ini mengambil 7 langkah sesuai kebutuhan peneliti yaitu pengumpulan informasi perencanaan mengembangkan produk awal validasi ahli revisi produk awal uji lapangan revisi produk akhir dan hasil pengembangan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa video game edukatif layak dan efektif diterapkan pada anak tunagrahita kelas 1 SLB Negeri Panggungsari dengan memperoleh skor 96 9% dari ahli media yang menunjukkan sangat vali 94 2% dari ahli materi yang menunjukkan valid 97 5% dari ahli pembelajaran yang menunjukkan sangat valid hasil rata-rata pre-test 51 7 meningkat pada post-test 98 3. Hasil pengembangan video game edukatif ini menunjukkan bahwa layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal fungsinal anggota gerak tubuh manusia. Saran dalam pengembangan selanjutnya hendaknya mengembangkan dengan subjek uji coba tidak hanya di satu sekolah saja. Misalnya menggunakan subjek uji coba dari dua sekolah atau lebih sehingga kelayakan atau kevalidan media lebih terbukti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258334

Actions (login required)

View Item View Item