Kusumaningrum, Widya Hari (2022) Analisis pola interaksi guru dan peserta didik Tunagrahita sebagai upaya mengoptimalkan kemandirian di SDLB Sumber Dharma / Widya Hari Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Kusumaningrum Widya Hari. 2022. Analisis Pola Interaksi Guru dan Peserta Didik Tunagrahita Dalam Upaya Mengoptimalkan Kemandirian di SDLB Sumber Dharma. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Rizqi Fajar Pradipta S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pola Interaksi Kemandirian Tunagrahita. Kemampuan peserta didik tunagrahita yang mengalami perkembangan yang lambat dalam berbagai hal yang salah satunya adalah terkait kemampuan peserta didik dalam kemandirian melipat pakaian. Terdapat beberapa peserta didik yang belum mampu dalam melipat pakaian seperti memahami tahapannya serta melipat secara rapi membuat penulis tertarik untuk meneliti bagaiamana proses interaksi yang baik yang terjadi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran di dalam kalas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola interaksi guru dan siswa tunagrahita dalam upaya mengoptimalkan kemandirian peserta didik kemudian dilakukan analisis terkait pola interaksi yang terbentuk antara guru dan peserta didik serta tentang bagaimana implementasi dari pola interaksi tersebut dalam usaha mengoptimalkan kemandirian peserta didik tunagrahita. Setelah melakukan analisis peneliti dapat menemukan saran terkait interaksi yang baik untuk melatih kemandirian peserta didik tunagrahita. Pada penelitian ini menggunakan studi kasus pada peserta didik tunagrahita kelas IV SDLB Sumber Dharma. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif. Untuk proses pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan atau observasi wawancara dan dokumentasi. Kemudian instrumen penelitiannya peneliti menggunakan lembar pedoman observasi dan lembar wawancara terkait beberapa aspek interaksi saat pembelajaran. Untuk uji keabsahan menggunakan triangulasi. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan peserta didik di dalam pembelajaran menggunakan pola komunikasi sebagai interaksi atau dua arah dalam pola interaksi ini terjadi komunikasi dua arah antara guru dengan peserta didik namun tidak ada interaksi antara peserta didik yang satu dengan peserta didik lainnya. Kemudian dalam beberapa aspek implementasi pola interaksi guru sudah melakukan dengan baik hanya saja guru belum melakukan asessmen dan penyusunan program secara terstruktur guru juga perlu melakukan beberapa tahapan untuk mengenali kesulitan peserta didik saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/258324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |