Pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan merawat luka ringan siswa tunanetra Kelas VI di SLB ABD Negeri Kedung kandang Kota Malang / Nadira Novita Suharto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan merawat luka ringan siswa tunanetra Kelas VI di SLB ABD Negeri Kedung kandang Kota Malang / Nadira Novita Suharto

Suharto, Nadira Novita (2022) Pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan merawat luka ringan siswa tunanetra Kelas VI di SLB ABD Negeri Kedung kandang Kota Malang / Nadira Novita Suharto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap individu pasti pernah mengalami luka ringan dan pertolongan pertama merupakan hal yang harus dilakukan. Karena sulit mengenali bahaya anak tunanetra rawan mengalami luka. Pembelajaran pertolongan pertama perlu diajarkan pada anak tunanetra agar mereka dapat menangani luka secara mandiri. Pertolongan pertama pada luka ringan dapat diajarkan dalam pembelajaran bina diri yang disesuaikan dengan kondisi siswa. Metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bina diri dengan memaksimalkan indera pendengaran dan peraba siswa tunanetra. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan keterampilan pertolongan pertama pada luka ringan siswa tunanetra pada kondisi baseline (2) untuk mendeskripsikan keterampilan pertolongan pertama pada luka ringan siswa tunanetra pada kondisi intervensi dan (3) untuk mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan pertolongan pertama pada luka ringan siswa tunanetra. Penelitian dilakukan di SLB ABD Negeri kedungkandang Kota Malang dengan subyek siswa tunanetra kelas VI dengan karakter blind. Penelitian dilakukan dengan rancangan eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada kondisi baseline-1 kondisi intervensi dan kondisi baseline-2. Analisis data dilakukan dengan cara analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan pertolongan pertama siswa tunanetra pada luka ringan. Pada penelitian ini terdapat pembuktian dimana nilai pada Baseline-1 (A1) dengan angka 51 5%-52 9% dengan nilai mean yaitu 52 5% pada fase selanjutnya Intervensi (B) dengan nilai 83 8%-91 2% sedangkan mean level 86 8% dan pada fase terakhir fase Baseline-2 (A2) pada 83 8%-88 2% dengan mean level sebesar 86 8%. Dengan presentase overlap sebesar 0% sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memberikan perubahan pada target behaviour dan berpengaruh baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258308

Actions (login required)

View Item View Item