Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X4 SMAN 8 Malang / Adzimatnur Muslihasari

Adzimatnur (2010) Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X4 SMAN 8 Malang / Adzimatnur Muslihasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: penilaian portofolio, keaktifan belajar, hasil belajar Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diterapkan di SMA Negeri 8 Malang memicu adanya variasi pembelajaran serta variasi penilaian proses dan hasil belajar yang menjadi tuntutan dasar proses pembelajaran di sekolah. Adanya variasi pembelajaran dan penilaian proses dan hasil belajar ini diharapkan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu hasil belajar siswa. Salah satu variasi penilaian tersebut adalah penilaian portofolio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 8 Malang setelah diterapkan penilaian portofolio dalam pembelajaran kontekstual. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Tempat penelitian di SMA Negeri 8 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas X-4 yang berjumlah 40 siswa (20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Portofolio digunakan dalam penilaian ini karena dapat bercerita tentang aktivitas siswa dalam sains, dapat menilai dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Fokus portofolio adalah pemecahan masalah, berpikir dan pemahaman, komunikasi tertulis, hubungan sains dan pandangan siswa terhadap dirinya sebagai orang yang belajar sains. Portofolio memungkinkan peserta didik untuk lebih berpartisipasi dalam proses pembelajaran sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa juga meningkat. Hasil penelitian setelah diterapkan penilaian portofolio pada mata pelajaran biologi dengan pokok bahasan ÔÇ£Kerusakan Lingkungan dan Upaya PelestariannyaÔÇØ dan ÔÇ£Limbah dan Daur Ulang LimbahÔÇØ menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang bertanya, menjawab, dan kegiatan praktikum. Pada siklus I, terdapat 6 siswa yang bertanya sesuai dengan pokok bahasan dan memunculkan masalah baru, 7 siswa yang bertanya sesuai pokok bahasan tetapi tidak memunculkan masalah baru, dan tidak ada siswa yang bertanya tidak sesuai dengan pokok bahasan. Hal ini meningkat pada siklus II dimana terdapat 8 siswa yang bertanya sesuai pokok bahasan dan memunculkan masalah baru, 8 siswa yang bertanya tetapi tidak memunculkan masalah baru, dan terdapat 2 siswa yang bertanya tidak sesuai dengan pokok bahasan. Untuk indikator menjawab pertanyaan, baik yang diajukan oleh guru atau siswa, terdapat 9 siswa yang menjawab salah, 10 siswa menjawab benar, dan 2 siswa yang menjawab sangat tepat pada siklus I. Jumlah ini meningkat pada siklus II, dimana terdapat 3 siswa menjawab salah, 12 siswa iv menjawab tepat, dan 5 siswa menjawab sangat tepat. Untuk indikator kegiatan praktikum, terdapat 3 siswa yang tidak melakukan kegiatan praktikum sama sekali, 29 siswa melakukan kegiatan praktikum tetapi masih melakukan kegiatan lain, dan 7 siswa yang melakukan kegiatan praktikum tanpa melakukan kegiatan lain pada siklus I. Jumlah ini meningkat pada siklus II, dimana terdapat 2 siswa yang tidak melakukan kegiatan praktikum sama sekali, 24 siswa melakukan kegiatan praktikum tetapi masih melakukan kegiatan lain, 13 siswa yang benarbenar berkonsentrasi pada kegiatan praktikum tanpa melakukan kegiatan lain. Peningkatan hasil belajar terlihat dari rata-rata nilai Ulangan Harian (UH) dan nilai portofolio siswa. Rata-rata nilai UH siswa meningkat dari 81,82 menjadi 87,05 dengan persentase ketuntasan meningkat juga dari 82,05% pada siklus I menjadi 89,74% pada siklus II. Rata-rata nilai portofolio oleh diri sendiri pada siklus I adalah 417,95 (83,59) meningkat menjadi 448,3 (84,26) pada siklus II. Rata-rata nilai portofolio oleh teman pada siklus I adalah 414,87 (82,97) meningkat menjadi 446,5 (83,67). Rata-rata nilai portofolio oleh guru pada siklus I adalah 414,23 (82,85) meningkat menjadi 448,6 (83,5). Persentase ketuntasan belajar berdasarkan penilaian portofolio pada siklus I adalah 76,9% meningkat menjadi 87,18% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25826

Actions (login required)

View Item View Item