Kajian implementasi penjabaran kompetensi dasar ke dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) biologi kelas XI ditinjau dari kelengkapan dan keruntutan penyajian isi menurut standar proses untuk SMA negeri di Tulungagung / Nanang Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian implementasi penjabaran kompetensi dasar ke dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) biologi kelas XI ditinjau dari kelengkapan dan keruntutan penyajian isi menurut standar proses untuk SMA negeri di Tulungagung / Nanang Purwanto

Nanang (2010) Kajian implementasi penjabaran kompetensi dasar ke dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) biologi kelas XI ditinjau dari kelengkapan dan keruntutan penyajian isi menurut standar proses untuk SMA negeri di Tulungagung / Nanang Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci penjabaran kompetensi dasar rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) standar proses. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) harus memperhatikan prinsip dan langkah-langkah penyusunan yang sudah ditetapkan dalam Permendiknas No 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Dari hasil observasi yang dilakukan pada bulan April 2010 di SMA Negeri yang ada di Kabupaten Tulungagung peneliti menemukan adanya perbedaan isi pada komponen RPP dari beberapa RPP yang terkumpul. Adanya perbedaan tersebut mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian RPP biologi kelas XI buatan guru dengan Standar Proses sebagai perencanaan pembelajaran yang lengkap dan sistematis. Adanya persamaan RPP biologi dari seluruh SMA Negeri yang ada di Kabupaten Tulungagung maka peneliti memilih 46 buah RPP biologi sebagai sampel penelitian secara spesifik 13 RPP dari SMAN Kedungwaru dan 33 RPP dari SMAN 1 Gondang. Penelitian ini terbatas pada analisis dokumen dan menggunakan 63 item pernyataan dengan acuan Standar Proses sebagai instrumen penelitian. Karakteristik dan fakta tentang RPP didapat dengan cara mengidentifikasi isi masing-masing komponen RPP dan data hasil identifikasi berupa skor/angka. Data tersebut kemudian diolah yang berbentuk persentase dan dinilai berdasarkan kriteria penilaian RPP. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 66 215% RPP buatan guru biologi SMAN di Tulungagung dinyatakan baik dengan rincian (1) dari 69 3% indikator yang dinyatakan cukup baik terdapat 6 518 % rumusan indikator mengarahkan ke pencapaian keterampilan dan tidak ada rumusan yang mengarahkan ke pencapaian afektif (2) dari 61 52% rumusan tujuan pembelajaran yang dinyatakan cukup baik sebanyak 43 57% rumusan tujuan pembelajaran yang mengandung komponen C (Condition) tidak ada rumusan yang mengandung komponen D (Degree) dan mengarahkan ke pencapaian afektif dan hanya 4 5% yang mengarahkan ke pencapaian keterampilan (3) dari 77 6% materi ajar yang dinyatakan baik sebanyak 50% materi ajar dituliskan dalam bentuk butir-butir (4) dari 57 77% metode pembelajaran dalam kategori cukup baik sebanyak 50% yang mencantumkan pendekatan model pembelajaran serta metode-metode yang digunakan dalam model penggunaan metode pembelajaran dan hanya 4 41% yang mengarahkan ke pencapaian keterampilan (5) dari 51 92% langkah-langkah pembelajaran dalam kategori baik sebanyak 50% kegiatan pendahuluan berisi penjelasan tentang komptensi yang harus dikuasai sebanyak 1 04% kegiatan penutup berisi penilaian guru terhadap proses dan hasil pembelajaran tidak ada kegiatan refleksi peserta didik sebanyak 1 04% kegiatan penutup berisi pemberian umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran dan 3 7% kegiatan penutup berisi perencanaan kegiatan tindak lanjut hasil pembelajaran (6) dari 94 14 % sumber/media pembelajaran dalam kategori sangat baik (7) dari 51 365% teknik penilaian dalam kategori cukup baik sebanyak 4 66% teknik penilaian mengarahkan ke pencapaian keterampilan tidak tampak jelas prosedur penilaian kegiatan awal dan sebanyak 33 98% tampak jelas prosedur penilaian kegiatan akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini dan mengacu pada Permendiknas No 41 tahun 2007 tentang Standar Proses menyarankan untuk beberapa aspek penilaian dalam komponen RPP yang perlu diperbaiki yaitu (a) rumusan indikator tidak mengarahkan ke pencapaian keterampilan dan afektif (b) rumusan tujuan pembelajaran yang tidak mengandung komponen C (Condition) komponen D (Degree) dan yang tidak mengarahkan ke pencapaian afektif dan keterampilan (c) materi ajar yang tidak ditulis dalam bentuk butir-butir (d) metode pembelajaran yang tidak mencantumkan pendekatan model pembelajaran serta metode-metode yang digunakan dalam model penggunaan metode pembelajaran dan yang tidak mengarahkan ke pencapaian keterampilan (e) pada langkah-langkah pembelajaran kegiatan pendahuluan yang tidak berisi penjelasan tentang komptensi yang harus dikuasai kegiatan penutup yang tidak berisi penilaian guru terhadap proses dan hasil pembelajaran yang tidak berisi kegiatan refleksi peserta didik yang tidak berisi kegiatan penutup berisi pemberian umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran dan yang tidak berisi kegiatan penutup berisi perencanaan kegiatan tindak lanjut hasil pembelajaran (f) teknik penilaian yang tidak mengarahkan ke pencapaian keterampilan yang tidak jelas prosedur penilaian kegiatan awal dan yang tidak jelas prosedur penilaian kegiatan akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25825

Actions (login required)

View Item View Item