Nurulloh, Tubagus (2022) Pengembangan E-modul Berbasis Gambar Ilustrasi Tentang Analisis Karya Seni Rupa Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil observasi awal yang dilakukan, pembelajaran seni budaya di SMKN 4 Malang bisa dikatakan belum efektif. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana media pembelajaran yang dikemas secara menarik, minimnya waktu pembelajaran model hybrid, dan minimnya digitasliasi pada pembelajaran di SMKN 4 Malang. Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan e-modul berbasis gambar ilustrasi tentang analisis karya seni rupa untuk kelas X SMKN 4 Malang. Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk modul yang disajikan secara digital berbantu pdf, yang menekankan pada pengembangan critical thinking, creativity, collaboration, dan communication (4C), serta daya dukung belajar berupa gambar ilustrasi. Model pengembangan ADDIE diterapkan dengan menghasilkan produk e-modul ilustrasi berekstensi pdf, dengan uji validasi dan praktikalitas media diadopsi dari kriteria Purwanto. Pengujian e-modul berbasis ilustrasi dilakukan oleh 2 validator ahli media dan meteri, perolehan uji validasi materi sebesar 97% dan perolehan uji validasi sebesar 94%. Hasil tersebut juga didukung oleh nilai uji praktikalitas yang dilakukan oleh siswa, dengan perolehan persentase rerata sebesar 91% yang memiliki kriteria layak digunakan. E-modul berbasis ilustrasi ini efektif digunakan dalam pembelajaran, karena terjadi peningkatan n-gain sebesar 70,48%, yang masuk kriteria tinggi dalam peningkatan nilai n-gain dan efektif jika diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 08:18 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:18 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2582 |
Actions (login required)
View Item |