Pemanfaatan media panggung boneka jari untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok b TK Agape Malang / Imro atin Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media panggung boneka jari untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok b TK Agape Malang / Imro atin Nur Azizah

Azizah, Imro'atin Nur (2021) Pemanfaatan media panggung boneka jari untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok b TK Agape Malang / Imro atin Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan bercerita anak perlu ditingkatkan untuk membantu dalam mengembangkan bahasa ekpresif (berbicara) anak. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan di TK AGAPE Malang diperoleh hasil bahwa kemampuan bercerita anak kelompok B dalam menceritakan pengalaman sendiri atau menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan masih belum berkembang secara optimal. Terdapat 3 dari 15 anak (20%) sudah berkembang dengan baik pada indikator bercerita dengan kalimat sendiri secara sederhana serta indikator bercerita dengan pengucapan yang mudah dimengerti. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan bercerita anak belum berkembang dengan baik adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik bagi anak ketika melakukan kegiatan bercerita. Solusi yang dilakukan adalah dengan menerapkan media panggung boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menderskripsikan pemanfaatan media panggung boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B TK AGAPE Malang 2) Untuk menguraikan hasil dari proses peningkatan kemampuan bercerita anak kelompok B TK AGAPE Malang melalui pemanfaatan media panggung boneka jari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindikan kelas dengan mengacu pada model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Tanggart yang dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahawa capaian keberhasilan kelas yang diperoleh dari siklus I pada indikator bercerita dengan kalimat sendiri secara sederhana sebesar 66% (10 anak berkembang dengan baik) dan pada indikator bercerita dengan pengucapan yang mudah dimengerti memperoleh persentase sebesar 60% (9 anak berkembang dengan baik). Adapun capaian keberhasilan kelas yang diperoleh dari siklus II pada indikator bercerita dengan kalimat sendiri secara sedrhana serta indikator bercerita dengan pengucapan yang mudah dimengerti memperoleh persentase yang sama yaitu sebesar 80% (12 anak berkembang dengan baik). Penelitian dikatakan berhasil apabila persentase capaian keberhasilan kelas yang diperoleh sebesar ge 75%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media panggung boneka jari dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ketercapaian kelas pada siklus II sudah melebih 75%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa media panggung boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak apabila diterapkan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Berdasarkan keberhasilan tersebut diharapakan guru dapat menerapkan kegiatan yang dapat memicu minat anak untuk bercerita sendiri dan dapat mengembangkan panggung boneka jari menjadi media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258185

Actions (login required)

View Item View Item