Media pembelajaran misi rahasia untuk menstimulasi kognitif anak usia 5-6 tahun menggunakan construct 2 / Fatihatur Rezki - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran misi rahasia untuk menstimulasi kognitif anak usia 5-6 tahun menggunakan construct 2 / Fatihatur Rezki

Rezki, Fatihatur (2022) Media pembelajaran misi rahasia untuk menstimulasi kognitif anak usia 5-6 tahun menggunakan construct 2 / Fatihatur Rezki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Idealnya pembelajaran di lembaga PAUD adalah mengembangkan ke-enam aspek perkembangan anak seperti kognitif bahasa seni sosial emosional nilai agama dan moral dan fisik motorik. Namun pada kenyataannya pemberian stimulasi kognitif hanya melalui kegiatan berhitung saja. Melihat kenyataan ini maka perlu dikembangkan suatu produk permainan yang terdiri dari rangkaian kegiatan yang mampu menstimulasi perkembangan kognitif anak. Produk yang dikembangkan peneliti adalah berupa game android yang diberi nama ldquo Misi Rahasia rdquo . Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alternatif yang mampu menstimulasi aspek kognitif anak sesuai dengan teori Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwolh (2001) yang terdiri dari (1) mengingat (2) memahami (3) mengaplikasikan (4) menganalisis (5) mengevaluasi dan (6) mencipta pada anak usia 5-6 tahun dengan memperhatikan aspek kemenarikan dan kemudahan pada permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R amp D) yang menggunakan tahapan penelitian yang diadopsi dari Sugiyono (2015) yang meliputi potensi dan masalah mengumpulkan informasi desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk dan revisi produk. Data diperoleh dari para ahli antara lain ahli kognitif dan ahli media. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji coba kelompok kecil pada aspek kelayakan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 74 dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo dan aspek kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 8 dengan kriteria ldquo sangat menarik rdquo sedangkan untuk uji coba lapangan pada aspek kelayakan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 88 dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo dan aspek kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 89 dengan kriteria ldquo sangat menarik rdquo . Setelah dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran bebasis game android ldquo Misi Rahasia rdquo menggunakan software construct 2 untuk menstimulasi aspek kognitif anak usia 5-6 tahun produk dikatakan kemenarikan dan kelayakannya sangat tinggi sehingga tidak dilakukan uji coba ulang. Hasil uji coba kelompok kecil pada aspek kelayakan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 74 dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo dan aspek kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 8 dengan kriteria ldquo sangat menarik rdquo sedangkan untuk uji coba lapangan pada aspek kelayakan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 88 dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo dan aspek kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 3 89 dengan kriteria ldquo sangat menarik rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258170

Actions (login required)

View Item View Item