Peningkatan kemampuan berpikir simbolik dalam berhitung melalui permainan ular tangga pada Anak usia 5-6 tahun di TK Ulumiyah Al-Makruf Jombangan / Aqila Nur Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir simbolik dalam berhitung melalui permainan ular tangga pada Anak usia 5-6 tahun di TK Ulumiyah Al-Makruf Jombangan / Aqila Nur Ramadhani

Ramadhani, Aqila Nur (2022) Peningkatan kemampuan berpikir simbolik dalam berhitung melalui permainan ular tangga pada Anak usia 5-6 tahun di TK Ulumiyah Al-Makruf Jombangan / Aqila Nur Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramadhani Aqila Nur. 2022. Peningkatan Kemampuan Berpikir Simbolik dalam Berhitung Melalui Permainan Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ulumiyah Al-Makruf Jombangan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Pramono S.Pd. M.Or. (II) Suryadi S.Sn. M.Pd. Berhitung termasuk unsur mengenai konsep bilangan dan lambang bilangan. Kemampuan berhitung adalah kemampuan setiap anak untuk mengembangkan kapasitasnya sesuai dengan karakteristik perkembangan yang bermula dari lingkungan sekitar mereka sesuai dengan peningkatan kapasitas anak dapat meningkat ke tahap memahami lambang bilangan dan penambahan serta pengurangan. Ular tangga merupakan permainan papan yang terdiri dalam kotak kecil dengan beberapa kotak yang terdapat berbagai tangga atau ular yang menghubungkan dengan kotak berbeda. Permainan ular tangga sangat berguna untuk perkembangan otak anak. Pentingnya lagi bisa menstimulus anak-anak dalam belajar berhitung. Karena saat bermain anak-anak harus menghitung jumlah setiap langkah dalam papan permainan dan menjumlahkan mata dadu yang muncul jadi kemampuan berhitung anak-anak bisa terstimulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir simbolik dalam berhitung pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan permainan ular tangga. Data yang dikumpulkan yaitu data kemampuan berhitung anak dengan mengacu pada indikator dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian tindakan diawali dengan mengkaji pada masalah secara tersusun. Hasil kajian dijadikan pedoman dalam merencanakan suatu tindakan dalam mengatasi masalah yang terjadi. Berikutnya pelaksanaan tindakan dengan observasi dan evaluasi. Hasil observasi dan evaluasi digunakan sebagai saran untuk melakukan refleksi terkait kejadian pada pelaksanaan tindakan. Kemudian hasil refleksi digunakan sebagai acuan dalam menentukan perbaikan pada pelaksanaan tindakan selanjutnya. Hasil menunjukkan keberhasilan peningkatan kemampuan berpikir simbolik dalam berhitung melalui permainan ular tangga pada anak usia 5-6 tahun di TK Ulumiyah Al-Makruf Jombangan. Pada kegiatan pra tindakan memperoleh hasil sebesar 46% dengan kategori kurang meningkat pada kegiatan siklus 1 memperoleh hasil sebesar 60% dengan kategori cukup dan perbaikan di kegiatan siklus 2 memperoleh hasil 85% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258162

Actions (login required)

View Item View Item