Penerapan pembelajaran kooperatif kodel Group Investigation (GI) dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Jawa Timur / Sefi Andi Alinuha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif kodel Group Investigation (GI) dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Jawa Timur / Sefi Andi Alinuha

Sefi Andi (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif kodel Group Investigation (GI) dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Jawa Timur / Sefi Andi Alinuha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif group investigation pendekatan problem based learning sikap ilmiah hasil belajar biologi. Hasil observasi di kelas X-6 SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi diperoleh informasi bahwa sikap ilmiah siswa kurang dikembangkan dalam pembelajaran. Siswa kurang diberikan bimbingan dalam merencanakan kegiatan pendampingan pelaksanaan kegiatan menganalisis data penyajian data dan evaluasi baik hasil pengamatan maupun dari proses kegiatan yang telah dilakukan. Hasil belajar biologi siswa kelas X-6 masih rendah hanya 60% siswa yang mencapai Standar Kelulusan Minimal (SKM 75). Perlu diterapkan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi yang berjumlah 40 orang dan dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2010. Instrumen dalam penelitian adalah lembar observasi sikap ilmiah siswa lembar skala sikap soal tes rubrik skoring dan catatan lapangan. Data sikap ilmiah siswa dapat dari hasil observasi sikap ilmiah siswa dan lembar skala sikap siswa sedangkan hasil belajar dari hasil tes akhir siklus dan laporan kerja ilmiah siswa. Keterlaksaaan pembelajaran model Group Investigation (GI) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pencapaian indikator sikap ilmiah siswa cenderung mengalami peningkatan terlihat pada rerata persentase keterampilan kerja ilmiah siswa pada siklus I (68 25) menjadi siklus II (74 25). Persentase ketuntasan hasil belajar biologi siswa juga cenderung mengalami peningkatan pada siklus I (30%) dan siklus II (97 5%). Rerata hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan antara siklus I (63 7) dan siklus II (90 28). Hasil penelitian Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi dalam pembelajaran Biologi. Saran dari penelitian yang telah dilakukan adalah memperhatikan alokasi waktu yang digunakan agar pembelajaran berlangsung secara efisien dan memperhatikan materi yang akan diterapkan dengan model ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25813

Actions (login required)

View Item View Item