Analisis kegiatan stimulasi motorik kasar untuk anak usia 5-6 tahun pada film Upin Ipin / Erlin Windawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kegiatan stimulasi motorik kasar untuk anak usia 5-6 tahun pada film Upin Ipin / Erlin Windawati

Windawati, Erlin (2021) Analisis kegiatan stimulasi motorik kasar untuk anak usia 5-6 tahun pada film Upin Ipin / Erlin Windawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motorik kasar merupakan ketrampilan yang paling utama dalam pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini. Banyak hal yang dapat mencontohkan kegiatan-kegiata untuk menstimulus motorik kasar anak usia dini salah satunya melalui film kartun Upin Ipin. Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya televisi yang menayangkan konten kurang baik untuk anak. Berbeda dengan film kartun Upin Ipin yang menayangkan nilai-nilai pendidikan salah satunya kegiatan motorik kasar. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kegiatan motorik kasar yang ada pada film Upin Ipin terhadap kesesuaian anak usia 5-6 tahun berdasarkan teori ahli dan Permendikbud No.137 Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena akan menganalisis kegiatan motorik kasar yang ada pada film Upin Ipin dengan jenis penelitian analisis kegiatan. Penelitian ini diawali dengan 1) mengcopy film Upin Ipin 2) mengamati kegiatan motorik kasar yang ada pada film Upin Ipin 3) mencatat kegiatan motorik kasar yang ada pada film Upin Ipin 4) mengkaitkan kegiatan motorik kasar yang ada pada film Upin Ipin dengan teori ahli dan tahapan perkembangan anak menurut Permendikbud No.137 Tahun 2014 5) menentukan hasil dengan cara mengakitkan kartu data pada ketiatan motorik yang ada pada film Upin Ipin dengan teori ahli dan tahapan perkembangan anak Permendikbud No.137 Tahun 2014. Teknik analisis data menggunakan analisis isi konten agar peneliti dapat memfokuskan isi yang juga digunakan agar dapat mengetahui isi tersirat yang ada pada fil Upin Ipin. Hasil penelitian yang diamati peneliti menggunakan kartu data dan mengkaitkan dengan teori ahli dan tahapan usia anak berdasarkan Permendikbud No.137 Tahun 2014 tentang tahapan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun menyatakan bahwa kegiatan motorik kasar yang ada pada film Upin Ipin sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia 5-6 tahun yaitu pertama melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan keseimbangan dan kelincahan terdapat pada kegiatan pemanasan. Kedua melakukan koordinasi gerakan kaki tangan dan kepala dalam menirukan tarian atau senam terdapat pada kegiatan menirukan senam irama. Ketiga melakukan permainan fisik dengan aturan terdapat pada kegiatan bermain hulahoop menggiring bola engklek bakiak tarik tambang lompat tali dan balap karung. Keempat terampil dalam menggunakan tangan kanan dan kiri terdapat pada kegiatan melakukan kegiatan berkebun dan terakhir melakukan kegiatan kebersihan terdapat pada kegiatan kebersihan lingkungan taman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/258085

Actions (login required)

View Item View Item