Penerapan pola PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Laboratorium UM / Ambar Dwi Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pola PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Laboratorium UM / Ambar Dwi Wijayanti

Ambar Dwi (2010) Penerapan pola PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Laboratorium UM / Ambar Dwi Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PBMP Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 16 April 2010 di kelas XI IPA 1 SMA Laboratorium UM diketahui bahwa hanya 5 siswa dari 30 siswa (16 7%) yang menunjukkan keaktifannya dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari temannya. Hasil belajar Biologi siswa sebelum dilakukan tindakan memiliki rata-rata nilai lulus 6 siswa dan tidak lulus 24 siswa. Berdasarkan hasil nilai ulangan harian materi gerak diketahui sebanyak 24 siswa (80%) dengan hasil tes di bawah Standart Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan oleh SMA Laboratorium UM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya dengan penerapan pembelajaran pola PBMP. Melalui penerapan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa XI IPA 1 SMA Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan dengan rincian 2 pertemuan untuk pembelajaran dan 1 pertemuan untuk tes akhir siklus. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA 1 semester genap tahun ajaran 2009/2010 SMA Laboratorium UM yang berjumlah 30 orang. Data penelitian berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam deskriptor aktivitas belajar siswa sedangkan hasil belajar diukur berdasarkan skor tes pada siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan pola PBMP dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Laboratorium UM. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dari 44 45% pada siklus I menjadi 71 11% pada siklus II sedangkan hasil belajar dari rata-rata skor tes sebesar 63 8% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 76 9% pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 26 67% menjadi 86 67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya penerapan pola PBMP dengan metode pembelajaran yang lain mata pelajaran yang lain aspek yang diteliti lebih luas. Dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan adanya pengelolaan kelas yang baik terutama cara mengatasi siswa yang kurang antusias dan ramai saat tanya jawab sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25808

Actions (login required)

View Item View Item