Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri Tempeh Adiwiyata Lumajang / Siti Lulkhiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri Tempeh Adiwiyata Lumajang / Siti Lulkhiyah

Siti (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri Tempeh Adiwiyata Lumajang / Siti Lulkhiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Jigsaw pendekatan kontekstual motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi prapenelitian di SMA Negeri Tempeh Adiwi-yata Lumajang diketahui bahwa kondisi siswanya sangat beragam meliputi per-bedaan kemampuan akademik dan karakter siswa yang mungkin dapat menimbul-kan kesenjangan antar sesama. Selain itu diketahui pula bahwa motivasi dan hasil belajar siswa cukup rendah. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pembelajar-an yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini mengguna-kan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan kontekstual karena dalam pembelajaran ini melibatkan kerjasama kelompok dan menuntut tanggung jawab serta menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan obser-vasi dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri Tempeh Adiwiyata Lumajang dengan jumlah 39 siswa dalam pokok bahasan Plantae. Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri Tempeh Adiwiyata Lumajang dan 2) me-ningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Negeri Tempeh Adiwiyata Luma-jang. Prosedur pengumpulan data meliputi observasi keterlaksanaan pembelajar-an observasi motivasi belajar dan hasil belajar siswa diperoleh melalui pemberian tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Motivasi belajar siswa meng-alami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan motivasi belajar ini dika-renakan pembelajaran yang diterapkan memberikan tanggung jawab kepada siswa atas pembelajaran untuk dirinya dan orang lain selain itu pembelajaran kooperatif memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi dengan anggota ke-lompok sehingga siswa termotivasi untuk belajar. 2) Hasil belajar siswa yang di-ukur dengan skor rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal juga mengalami pe-ningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini dikarenakan pembelajaran di-hubungkan dengan pengalaman serta disebabkan adanya ketergantungan positif yang muncul sehingga menuntut adanya interaksi promotif yang memungkinkan siswa saling memberikan motivasi untuk meraih hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian disarankan beberapa hal sebagai berikut. 1) Melakuan pembelajaran tutor sebaya 2) Guru maupun mahasiswa dapat menerap-kan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan kontekstual seba-gai salah satu alternatif model pembelajaran biologi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 3) Apabila ada peneliti lain yang menindak lanjuti peneli-tian ini alangkah baiknya apabila meningkatkan bobot soal tes hingga C6 bila itu memungkinkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25805

Actions (login required)

View Item View Item