Penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples dalam think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School Malang / Yayuk Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples dalam think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School Malang / Yayuk Tri Wulandari

Yayuk Tri (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples dalam think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School Malang / Yayuk Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi belajar Hasil belajar Pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dan Examples Non Examples. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 4 Mei 2010 diketahui bahwa proses pembelajaran Biologi kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School Tahun ajaran 2009/2010 pembelajaran yang berlangsung adalah dengan model pembelajaran diskusi baik dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas. Namun dalam diskusi belum berjalan secara efektif karena diskusi yang dilakukan masih bersifat individualisme. Dalam diskusi 80% siswa pasif dan cenderung melakukan kesibukan lain selain belajar. Persentase siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal pada materi sistem reproduksi adalah 31 57%. Hasil observasi menunjukan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Examples Non Examples dalam Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dalam Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus masing-masing siklus memiliki tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi tes catatan lapangan dan pemotretan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I motivasi belajar siswa adalah 77 88% dengan kategori baik meningkat menjadi 87 18% dengan kategori baik pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 91 66% dan meningkat menjadi 95 83% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dalam Think Pair Share (TPS) mampu meningkatkan motivasi belajar Biologi siswa (2) penerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dalam Think Pair Share (TPS) mampu meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dalam Think Pair Share (TPS) dapat diterapkan oleh guru yang memiliki permasalahan yang sama yaitu tentang rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dan dapat diterapkan pada pokok bahasan yang lain (selain Sel) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25802

Actions (login required)

View Item View Item