Penerapan problem based learning dengan model debat untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X B2 SMA Negeri 2 Malang / Pranika Indah Eka Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning dengan model debat untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X B2 SMA Negeri 2 Malang / Pranika Indah Eka Sari

Pranika Indah Eka (2010) Penerapan problem based learning dengan model debat untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X B2 SMA Negeri 2 Malang / Pranika Indah Eka Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning debat motivasi hasil belajar. Pemerintah telah mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi tantangan dalam pendidikan di Indonesia misalnya rendahnya kualitas pendidikan akibat pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional adalah melakukan penyempurnaan kurikulum dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berkaitan dengan KTSP guru diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tetapi membantu siswa untuk membangun pengetahuannya. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru pengajar Biologi diketahui bahwa pembelajaran di SMA Negeri 2 Malang cenderung berpusat pada guru (teacher centered) sehingga menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu usaha yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model debat. PBL mempunyai kelebihan yaitu membiasakan siswa berpikir logis dan sistematis dalam pemecahan masalah yang terdapat di kehidupan sehari-hari sedangkan model debat menyediakan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan dari suatu pertanyaan yang bersifat problematik yang memungkinkan siswa yang satu mempunyai pendapat berbeda dengan siswa yang lain. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Malang pada semester genap 2009/2010. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X B2 SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 38 siswa dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning dengan model debat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X B2 SMA Negeri 2 Malang. Peningkatan motivasi belajar siswa terjadi pada motivasi belajar klasikal per indikator dan motivasi belajar klasikal keseluruhan indikator dari siklus I ke siklus II. Peningkatan indikator attention sebesar 19 96% indikator relevance sebesar 2 63% indikator confident sebesar 2 633% dan indikator satisfaction sebesar 6 14% sedangkan peningkatan motivasi belajar klasikal keseluruhan indikator dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10 27%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif. Peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif secara klasikal dari siklus I ke siklus II mencapai 34 21%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar afektif klasikal dari siklus I ke siklus II mencapai 26 32%. Berdasarkan hasil yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dengan model debat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X B2 SMA Negeri 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25801

Actions (login required)

View Item View Item