Pengembangan media foto pembelajaran biologi materi sistem reproduksi jantan mamalia untuk siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang / Dody Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media foto pembelajaran biologi materi sistem reproduksi jantan mamalia untuk siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang / Dody Kurniawan

Dody (2010) Pengembangan media foto pembelajaran biologi materi sistem reproduksi jantan mamalia untuk siswa kelas XI SMA Negeri 3 Malang / Dody Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Media Foto Sistem Reproduksi Jantan Mamalia. Pendidikan sekarang ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di samping mampu menggunakan media pembelajaran yang tersedia guru juga dituntut untuk dapat membuat media pembelajaran sendiri. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dan terintegrasi (menyatu) dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan media pembelajaran secara optimal bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 3 Malang pada bulan Februari dan Maret 2010 diperoleh keterangan bahwa penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penggunaan media pembelajaran terdapat kendala yaitu seringnya terjadi masalah teknis pada OHP LCD maupun komputer sehingga media pembelajaran yang berupa media transparansi powerpoint dan CD pembelajaran tidak dapat ditampilkan maksimal sehingga mengganggu pembelajaran serta kebanyakan siswa cenderung pasif karena siswa hanya memperoleh informasi dari guru (teacher centered). Oleh karena itu diperlukan suatu media yang dapat mengatasi kendala-kendala tersebut yaitu risiko masalah teknis kecil tidak mahal tahan lama serta dapat memotivasi siswa untuk belajar secara aktif dalam pembelajaran (students centered). Salah satu media yang diharapkan dapat mengatasinya yaitu media foto. Media foto memiliki keunggulan sebagai media yang mengutamakan indera pandang sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengembangkan media foto yang belum banyak dikembangkan untuk siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Malang tentang sistem reproduksi jantan mamalia. Tujuan dari pengembangan media foto yaitu membuat media foto pembelajaran biologi materi sistem reproduksi jantan mamalia yang layak digunakan untuk siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Model pengembangan media foto ini merupakan model pengembangan prosedural. Model pengembangan prosedural media foto diadaptasi pada tahapan pengembangan media pembelajaran oleh Sadiman. Tahapan pengembangan media foto yaitu (1) penyusunan rancangan meliputi analisis kebutuhan dan karakteristik siswa perumusan indikator pembelajaran pengembangan materi pembelajaran perumusan alat pengukur keberhasilan (evaluasi) (2) penyusunan naskah (3) produksi media (4) penyusunan petunjuk penggunaan (5) uji coba produk dan (6) revisi. Uji coba media meliputi desain uji coba subjek uji coba jenis data instrumen pengumpulan data dan teknik analisis data. Desain uji coba melalui tahap validasi oleh ahli media ahli materi dan siswa. Subjek uji coba yaitu ahli media ahli media dan siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran yang diberikan oleh validator. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari validator melalui pengisian instrumen validasi media dan hasil uji coba pada siswa. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen validasi media dan nilai pretes-postes. Teknik analisis data berupa penghitungan presentase jawaban dari skor penilaian instrumen validasi dan uji t dari skor pretes dan postes. Media foto yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran sistem reproduksi jantan mamalia. Hasil validasi ahli media 87 5% hasil validasi ahli materi 96 25% dan hasil validasi oleh siswa 84 931%. Hasil uji t terhadap nilai pretes dan postes 2 128 t tabel (0 05) 1 69 sehingga ada perbedaan kemampuan siswa sebelum menggunakan media foto dengan sesudah menggunakan media foto. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa media foto untuk pembelajaran sistem reproduksi jantan mamalia. Sajian media foto yang telah diproduksi meliputi bahan penarik perhatian tujuan pembelajaran petunjuk penggunaan materi pembelajaran dan evaluasi. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sebaiknya guru biologi mau menggunakan media foto yang telah dikembangkan (2) sebelum menggunakan media foto guru hendaknya mempelajari petunjuk penggunaan dan materi yang ada dalam media foto (3) sebaiknya dilakukan pengembangan media foto untuk materi biologi yang lain baik untuk tingkat SMP maupun SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25798

Actions (login required)

View Item View Item