hamzah, Hilmi (2021) EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 3 BANGIL. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kurikulum 2013 pada guru olahraga di SMP Negeri 3 Bangil apakah sudah sesuai dengan kurikulum 2013 pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini. Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui tentang kesesuaian pelaksanaan kurikulum 2013 pada guru olahraga di SMP Negeri 3 Bangil dengan kurikulum 2013 pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan presentase. Subjek pada penelitian ini yaitu guru Pendidikan Jasmani Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi siswa-siswi kelas VII,VIII dan IX di SMP Negeri 3 Bangil. Hasil penelitian ini memperoleh data dari (1) angket siswa kelas VII memperoleh hasil 491 dan skor maksimal 638 dengan hasil presentase sebesar 66% (2) angket kelas VIII memperoleh skor 523 dan skor maksimal 616 dengan hasil presentase sebesar 85% (3) angket kelas IX memperoleh skor 523 dan skor maksmimal 616 dengan hasil presentase sebesar 85%. (1) Hasil wawancara guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas VII kendala yang dialami adalah untuk materi renang gaya dada hanya tercapai materinya namun untuk praktek lapangan masih belum terlaksanakan karena terkendala oleh waktu dan biaya, menurut guru PJKR kelas VII lebih fokus kepada keaktifan anak dalam kegiatan pembelajaran sehingga sangat efektif digunakan dalam pembelajaran PJKR. (2) Hasil wawancara guru PJKR kelas VIII materi Pendidikan Jasmani Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi seperti softball dan chin up hanya materi yang disampaikan karena terbatasnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, kendala yang guru PJOK kurikulum 2013 sangat cocok untuk pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan karena di dalam pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahrga dan Kesehatan lebih banyak praktek dari pada materi. (3) Hasil wawancara guru PJOK IX ada beberapa faktor yang mempengaruhi kurangnya latar penunjang untuk kegiatan dilapangan, terbatasnya fasilitas untuk mendukung kegiatan pratik dilapangan sedangkan dengan ada nya kurikulum 2013 sangat efektif karena didalam kurikulum 2013 pembelajaran lebih ditekankan kepada anak didik yang laebih aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar dan guru hanya sebagai fasilitator dan mengevaluasi kegiatan belajar anak didik. Peneliti menyimpulkan bahwa guru harus meningkatkan kesesuaian pelaksanaan kurikulum 2013. Untuk hasil dari penelitian ini proses pembelajaran kurikulum 2013 dikategorikan sesuai. Akan tetapi beberapa komponen perlu disesuaikan lagi dengan peraturan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 07:55 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 07:55 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2575 |
Actions (login required)
View Item |