Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Tema 8 Subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV Sdn Kepanjenlor 2 Kota Blitar / Septi Nadya Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Tema 8 Subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV Sdn Kepanjenlor 2 Kota Blitar / Septi Nadya Anggraini

Anggraini, Septi Nadya (2021) Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Tema 8 Subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV Sdn Kepanjenlor 2 Kota Blitar / Septi Nadya Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi terutama pada tematik tema 8 subtema 2 kelas IV SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah dan penugasan. Selain itu terdapat perbedaan gaya belajar antara siswa satu dengan siswa yang lain. Jika setiap gaya belajar tidak terfasilitasi dengan baik dalam pelaksanaan pembelajarannya maka siswa yang memiliki gaya belajar tertentu tersebut merasa kesulitan atau menjadi bosan. Hasil belajar dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu yang bertujuan untuk mencari pengaruh dari suatu perlakuan yang diberikan dengan Pretest-Posttest control group design dengan mengambil sampling purposive. Sampel dari kelas eksperimen (22 siswa) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol (22 siswa) menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data dengan menghitung hasil Pretest dan Posttest. Perhitungan analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 22 . Hasil penelitian ditinjau dari model pembelajaran kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Sedangkan ditinjau dari gaya belajar kelompok visual mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dibanding kelompok auditorial dan kinestetik. Hasil uji hipotesis ditinjau dari model pembelajaran memperoleh nilai signifikansi 0 839 gt 0 05 (tidak ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar). Hasil uji hipotesis ditinjau dari gaya belajar memperoleh nilai signifikansi 0 588 gt 0 05 (tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar). Sedangkan hasil uji hipotesis ditinjau dari interaksi memperoleh nilai signifikansi 0 588 gt 0 05 (tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan gaya belajar terhadap hasil belajar). Hasil penelitian terjadi dikarenakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar ini hanya beberapa saja yang terpenuhi. Serta model pembelajaran dan gaya belajar merupakan suatu hal kecil dalam mempengaruhi hasil belajar. Selain itu model pembelajaran inkuiri tidak efektif jika dilaksanakan pada masa pandemi. Sehingga mengakibatkan tidak adanya interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan gaya belajar terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257464

Actions (login required)

View Item View Item