Wijayanti, Sofya Lilin (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan instagram pada muatan ips materi karakteristik geografis di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar / Sofya Lilin Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA dan guru kelas VB SDN Karangtengah 1 Kota Blitar menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPS cukup rendah khususnya pada materi karakteristik geografis di Indonesia. Selain itu media pembelajaran yang digunakan dalam kelas cenderung monoton dan kurang bervariasi karena terbatas pada penayangan video pembelajaran dari Youtube melalui proyektor serta penggunaan gambar peta Indonesia dan globe yang kurang interaktif sehingga menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan tidak bersemangat dalam menerima materi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna dan praktis menurut peserta didik. Model penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram ini adalah mengunakan model ADDIE dengan lima langkah yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Tehnik pengumpulan data terdiri dari tiga tehnik yaitu observasi wawancara dan angket. Tehnik analisis data menggunakan persentase selanjutnya hasil dikategorisasikan. Analisis angket ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna dilakukan menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 91 6% dengan kategori sangat valid . Pada validasi ahli media menunjukkan persentase sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Pada validasi guru sebagai pengguna menunjukkan persentase 100% dengan kategori sangat valid. Rata-rata dari ketiga hasil tersebut adalah 95 5% dan termasuk kategori sangat valid. Hasil kepraktisan dari angket respon peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 98 3% dengan kategori sangat praktis. Dari persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram dikategorikan sangat valid dan sangat praktis serta dapat digunakan tanpa revisi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram pada muatan IPS materi karakteristik geografis di Indonesia kelas V sekolah dasar valid menurut ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna serta praktis menurut peserta didik. Saran bagi pengguna dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram sebaiknya tidak hanya dikembangkan pada materi karakteristik geografis di Indonesia namun juga pada materi atau bahkan mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/257451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |