Fauriza, Erlinda Cahya (2022) Upaya guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa di Kelas V SDN Wadung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Erlinda Cahya Fauriza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Kedisiplinan belajar siswa sangat diperlukan karena dapat memperlancar proses belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru serta kendala yang dihadapi guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa di kelas V SDN Wadung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model miles dan huberman meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar dengan menggunakan pengelolaan kelas melalui pendekatan otoriter permisif demokratis dan pseudo demokratis. Guru juga memberikan contoh teladan yang baik menegakkan peraturan di kelas pemberian hukuman serta pemberian penghargaan kepada siswa. Kendala yang dihadapi guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa yakni keengganan guru dalam memberikan hukuman kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:43 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/257449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |