Implementasi framework pembelajaran abad-21 pada proses pembelajaran daring kelas v di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Vionanta Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi framework pembelajaran abad-21 pada proses pembelajaran daring kelas v di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Vionanta Pratama

Pratama, Vionanta (2021) Implementasi framework pembelajaran abad-21 pada proses pembelajaran daring kelas v di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Vionanta Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran abad-21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi kecakapan pengetahuan keterampilan dan sikap serta penguasaan terhadap teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan framework pembelajaran abad-21 dalam pelaksanaan pembelajaran daring kelas V. Framework pembelajaran abad-21 mempunyai tiga keterampilan yaitu (1) Keterampilan hidup dan karier (life and career skills) (2) Keterampilan belajar dan inovasi (learning and innovation skills) dan (3) Keterampilan media informasi dan teknologi (Information media and technology skills). Penelitian ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena penelitian ini hanya difokuskan pada satu fenomena yang terjadi pada pembelajaran sekarang ini penelitian ini dilakukan dalam satu tempat dimana data akan ditulis secara utuh tanpa rekayasa. Peneliti memperoleh data melalui proses pembelajaran guru dan siswa dengan menggunakan teknik observasi wawancara angket wawancara dan dokumentasi ditambah dengan catatan lapangan yang dibuat oleh peneliti. Data yang sudah ada lalu dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi yang nantinya akan dilaporkan dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan impelementasi framework pembelajaran abad-21 pada pembelajaran daring kelas V di SD Laboratorium UM sudah memunculkan semua keterampilan dan aspek yang berada dalam komponen pembelajarannya. Tetapi setiap aspek pembelajaran tersebut tidak memunculkan semua indikator yang menjadi tujuan pembelajaran hanya beberapa indikator yang muncul dalam setiap pembelajaran daring. Saran bagi guru yaitu harus memerhatikan setiap indikator yang terdapat dalam aspek-aspek pembelajaran. Guru juga semaksimal mungkin memunculkan indikator di setiap aspek-aspek tersebut agar memenuhi kriteria pembelajaran abad-21 dalam pembelajaran daring di masa sekarang. Guru juga harus memperhatikan keterampilan abad-21 ini karena keterampilan ini merupakan hal penting agar anak bisa menghadapi tantangan berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257433

Actions (login required)

View Item View Item