Profil pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas 2 sdn bareng 5 malang / SAIDATUL MUAZIZAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas 2 sdn bareng 5 malang / SAIDATUL MUAZIZAH

Muazizah, Saidatul (2022) Profil pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas 2 sdn bareng 5 malang / SAIDATUL MUAZIZAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika memiliki peran penting dalam memajukan daya pikir manusia. pembelajaran matematika diharapkan menjadi sarana pembentukan karakter pada peserta didik. Nilai karakter pada pembelajaran matematika diharapkan dapat diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pendidikan karakter dalam proses pembelajaran materi muatan muatan matematika di kelas 2 SDN Bareng 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas 2 SDN Bareng 5 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak menggunakan RPP dalam proses pembelajaran matematika. Nilai karakter yang muncul pada peserta didik saat pembelajaran matematika pada materi pengukuran panjang dan berat adalah karakter cerdas bertanggung jawab dan berpikir kritis sedangkan yang belum muncul pembelajaran matematika pada materi pengukuran panjang dan berat adalah karakter ingin tahu jujur (objektif) dan mandiri. Proses pembelajaran yang baik berpedoman pada RPP. Rencana pelaksanaan pembelajaran perlu dibuat untuk skenario proses belajar mengajar. Hal ini diartikan agar guru dapat mengetahui kekurangannya dalam mengajar dan memiliki tujuan yang ingin dicapai ketika mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257427

Actions (login required)

View Item View Item