Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis hots pada materi operasi hitung pecahan di kelas v SDN Sawojajar 5 Kota Malang / Amalia Salsabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis hots pada materi operasi hitung pecahan di kelas v SDN Sawojajar 5 Kota Malang / Amalia Salsabila

Salsabila, Amalia (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis hots pada materi operasi hitung pecahan di kelas v SDN Sawojajar 5 Kota Malang / Amalia Salsabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS pada topik operasi hitung pecahan dan faktor penyebabnya di kelas V SDN Sawojajar 05 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan campuran (mixed methods). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 5 SDN Sawojajar 05 Malang yang merupakan kelas paralel (VA dan VB) yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang diambil yaitu 6 dari 42 siswa. 6 siswa dengan kategori kesalahan rendah sedang dan tinggi. Dari hasil penelitian yang dilakukan analisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN Sawojajar 05 Kota Malang menggunakan indikator kesalahan Newman antara lain kesalahan memahami masalah (comprehension errors) sebesar 45% kesalahan transformasi (transformation errors) sebesar 55% kesalahan keterampilan proses (process skill errors) sebesar 58% dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding errors) sebesar 61%. Adapun aspek faktor penyebab kesalahan antara lain tidak bisa mengidentifikasi informasi penting pada soal kurang cermat dalam proses perhitungan kurang dapat mengelola waktu tidak dapat memutuskan operasi hitung yang tepat tidak bisa mengubah kalimat pertanyaan menjadi kalimat matematika serta kurang menguasai materi operasi hitung pecahan. Peranan guru sangat diperlukan agar kesalahan tidak terjadi lagi seperti pemahaman konsep kata kunci pada soal konsep pembilang penyebut pecahan dan pentingnya menuliskan kesimpulan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257419

Actions (login required)

View Item View Item