Perbedaan efektifitas pemanfaatan whatsapp group dalam pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus kelas iii di SDN Ardimulyo 01 / Shifni Afida Kumala - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan efektifitas pemanfaatan whatsapp group dalam pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus kelas iii di SDN Ardimulyo 01 / Shifni Afida Kumala

Kumala, Shifni Afida (2021) Perbedaan efektifitas pemanfaatan whatsapp group dalam pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus kelas iii di SDN Ardimulyo 01 / Shifni Afida Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan (daring) secara otomatis menugaskan guru untuk tetap maksimal dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dengan memanfaatkan media online. Salah satu media online yang mendominasi solusi pembelajaran daring di sekolah dasar adalah aplikasi Whatsapp Messenger. Melalui aplikasi Whatsapp guru dan siswa dapat memanfaatkan fitur group chat agar proses pembelajaran yang berlangsung online untuk tetap dapat membuahkan hasil belajar peserta didik dengan baik dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah (1) apakah pemanfaatan whatsapp group dalam pembelajaran daring sinkronus dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. (2) bagaimanakah perbedaan tingkat keefektifan pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus dengan memanfaatkan whatsapp group yang dilakukan oleh SDN Ardimulyo 01. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Ardimulyo 01 dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas III A. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purphosive Sampling. Hasil eksperimen menunjukkan adanya (1) peningkatan hasil belajar antara pre-test dan post-test setelah di berikan perlakuan dengan data nilai gain score kelas eksperimen sebesar 54.5% sedangkan kelas kontrol sebesar 45.5% sehingga dapat dikatakan hasil nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. (2) rata - rata keseluruhan data pada angket peserta didik sebesar 74.5% yang tergolong nilai interpretasi tingkat keefektifan pada rentang 61-80 yaitu efektif menggunakan whatsapp group dalam pembelajaran daring sinkronus sedangkan perbedaan dengan asinkronus sebesar 25.5% atau tergolong interpretasi 21-40 yaitu kurang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257412

Actions (login required)

View Item View Item