Pengembangan bahan ajar IPA terpadu dengan tema pencemaran air sungai untuk siswa SMP/MTs kelas VII / Nina Khusnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu dengan tema pencemaran air sungai untuk siswa SMP/MTs kelas VII / Nina Khusnah

Nina (2010) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu dengan tema pencemaran air sungai untuk siswa SMP/MTs kelas VII / Nina Khusnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusnah Nina. 2010. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema Pencemaran Air Sungai untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Skripsi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sulisetijono M.Si (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. Kata kunci bahan ajar IPA Terpadu pencemaran air sungai Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sejak Tahun Ajaran 2006/2007 kurikulum yang digunakan di Indonesia adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pemberlakuan KTSP di sekolah menengah berdampak pada pembelajaran IPA di SMP/MTs yang menghendaki materi pelajaran IPA yang mencakup bidang kajian fisika biologi dan kimia diajarkan secara terpadu. Oleh karena itu bahan ajar IPA yang dikehendaki adalah bahan ajar IPA Terpadu. Sejauh ini bahan ajar IPA Terpadu berbasis riset belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu dan mengetahui validitas bahan ajar hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Rancangan pengem-bangan yang digunakan mengikuti langkah-langkah model pengembangan bahan ajar yang terdiri atas 4 tahap yaitu (1) tahap analisis situasi awal (2) tahap pengembangan rancangan bahan ajar (3) tahap penulisan bahan ajar dan (4) tahap penilaian bahan ajar. Draf hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator ahli menggunakan instrumen validasi berupa angket tertutup yang dikembangkan sendiri serta divalidasi secara langsung oleh 10 orang siswa SMP Negeri 1 Malang. Data kuantitatif hasil validasi dianalisis dengan teknik rerata sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari validator yang kemudian digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar IPA Terpadu untuk SMP/MTs kelas VII yang dikembangkan memiliki tema pencemaran air sungai yang merupakan perpaduan antara materi biologi dan kimia. Hasil pengembangan terdiri atas dua bagian yaitu bagian pendahuluan dan bagian isi. Bagian pendahuluan mencakup halaman muka (cover) kata pengantar daftar isi daftar tabel daftar gambar standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator kompetensi yang digunakan serta peta konsep. Bagian isi mencakup materi pencemaran air sungai kegiatan praktikum kegiatan diskusi latihan soal rangkuman materi glosarium evaluasi kunci jawaban dan daftar pustaka. Berdasarkan hasil uji validitas bahan ajar yang dikembangkan memperoleh nilai total rerata 3 35 atau sebesar 83 75% yang berarti memenuhi kriteria valid. Produk hasil pengembangan mengalami satu kali revisi yang berkaitan dengan penyusunan peta konsep perbaikan indikator hasil belajar dan pembatasan pada materi tertentu yang dianggap terlalu rinci untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Hasil dari revisi tersebut merupakan produk akhir dari pengembangan bahan ajar IPA Terpadu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25741

Actions (login required)

View Item View Item