Pengaruh penggunaan zoom meeting terhadap hasil belajar Siswa Kelas V SD / Nurul Imrotul Qarima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan zoom meeting terhadap hasil belajar Siswa Kelas V SD / Nurul Imrotul Qarima

Qarima, Nurul Imrotul (2021) Pengaruh penggunaan zoom meeting terhadap hasil belajar Siswa Kelas V SD / Nurul Imrotul Qarima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yaitu salah satu kegiatan yang memfasilitasi siswa untuk belajar. Pada kegiatan pemenuhan kegiatan belajar pada era pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring sejalan dengan adanya Surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 mengenai pedoman Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa pandemi Covid-19. Pemanfaatan platform media sosial sangat penting untuk menunjang pembelajaran daring. Zoom Meeting adalah sebuah platform media pembelajaran daring yang digunakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan penggunaan Zoom Meeting terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental melalui pretest serta posttest control group design. Pada penelitian ini instrumennya berupa dokumentasi dan instrumen tes berupa pretest dan posttest dengan jumlah masing-masing soal sebanyak 20 soal dengan bentuk pilihan ganda. Soal tersebut diberikan kepada siswa di SDN Bumiayu 3 Malang kelas VB sebagai kelas eksperimen serta kelas VA sebagai kelas kontrol . Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Zoom Meeting mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VB sebagai kelas yang diberikan (perlakuan) treatment. Diperoleh hasil nilai rata-rata gain score 54 serta kelas VA diperoleh hasil nilai dari rata-rata gain score 49. Hal ini berarti hasil dari nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai gain score kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai probabilitas Sig. 2 (tailed) yang dilakukan pengujian melalui uji t atau Independent Sample T Test dengan gain score sebesar 0 021. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis menyatakan bahwa Ha dapat diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257396

Actions (login required)

View Item View Item