Pengaruh kegiatan sehari sebuku terhadap kemampuan literasi membaca pada siswa kelas 1 SD NU Mutiara Insani Mojo kabupaten kediri / Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kegiatan sehari sebuku terhadap kemampuan literasi membaca pada siswa kelas 1 SD NU Mutiara Insani Mojo kabupaten kediri / Hamidah

Hamidah (2022) Pengaruh kegiatan sehari sebuku terhadap kemampuan literasi membaca pada siswa kelas 1 SD NU Mutiara Insani Mojo kabupaten kediri / Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 dalam dunia pendidikan mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal. Siswa kelas rendah pada Sedolah Dasar adalah yang paling terdampak karena pada dasarnya masih membutuhkan banyak bimbingan arahan dan bantuan dari Guru. Hasil wawancara pada salah satu sekolah sasaran program Kampus Mengajar yaitu SD NU Mutiara Insani Mojo menunjukkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 kurang berkembang. Hal ini menjadikan dasar peneliti untuk menerapkan ldquo kegiatan sehari sebuku rdquo sebagai upaya untuk memberi dampak positif/pegaruh terhadap kemampuan membaca. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Literasi Sekolah yang menerapkan model pembelajaran literasi. Tujuan dari penelitiann ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas dari kegiatan sehari sebuku terhadap kemampuan literasi membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digukanan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalennt Control Group Design. Siswa yang menjadi kelompok eksperimen (7) dan kelompok kontrol (6) adalah siswa kelas 1 SD NU Mutiara Insani Mojo. Siswa diberikan tes awal (pretest) langkah selanjutnya yakni diberi perlakuan dan setelah itu diberi tes akhir (posttest). Perlakuan pada kelompok eksperimen berupa penerapan kegiatan sehari sebuku selama 6 hari dengan buku bacaan yang berbeda di tiap harinya sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Siswa pada kelompok kontrol mengikuti kegiatan literasi yang diselenggarakan sekolah (membaca buku namun tidak menerapkan suatu model literasi). Data nilai pretest dan posttest selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS. Selanjutnya efektivitas dilihat dari observasi pasca kegiatan. Hasil penelitian ditinjau dari perlaukan model pembelajaran literasi pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari kemlompok kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sejumlah 0.034 pada kelompok eksperimen. Hasil nilai signifikansi tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelompok eksperimen dari pretest ke posttest sehingga H1 diterima pada kelompok eksperimen. Tingkat keberhasilan kelompok eksperimen yaitu 91%. Siswa yang diberi perlakuan kegiatan sehari sebuku menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca secara signifikan. Sedangkan kemampuan membaca pada siswa yang tidak diberi perlakuan kegiatan sehari buku tidak mengalami peningkatan. Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji hipotesis nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh kelompok eksperimen yaitu 0.034. Sehingga H1 diterima dan dapat dinyatakan bahwa kegiatan sehari sebuku teruji berpengaruh terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD NU Mutiara Insani Mojo. Sehingga dapat disimpulkan terdapat efektivitas kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257390

Actions (login required)

View Item View Item