Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus 4 Kecamatan Blimbing selama pembelajaran daring / Wasiul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus 4 Kecamatan Blimbing selama pembelajaran daring / Wasiul Maghfiroh

Maghfiroh, Wasiul (2021) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus 4 Kecamatan Blimbing selama pembelajaran daring / Wasiul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecerdasan emosional siswa merupakan kemampuan siswa dalam mengenali emosi diri mengelola emosi diri memotivasi diri berempati dan menjalin interaksi secara baik dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus 4 kecamatan Blimbing selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang termasuk dalam jenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD se-gugus 4 kecamatan Blimbing sebanyak 195 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 131 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yakni angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 7. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y 51 912 0 364X nilai konsisten variabel Y sebesar 51 912 dan koefisien regresi variabel x sebesar 0 364 yang berarti dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif. Berdasarkan uji T hasil thitung yang diperoleh sebesar 4 815. Sementara nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% (0 05) dengan df n-2 (131-2 129) diketahui ttabel sebesar 1 657 dan nilai signifikansi 0 000 lt 0 05 yang artinya kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa sehingga dapat disimpullkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus 4 kecamatan Blimbing selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/257373

Actions (login required)

View Item View Item